7 Bahan Makanan Alami Ini Ampuh Hilangkan Jerawat di Wajah

ADVERTISEMENT

7 Bahan Makanan Alami Ini Ampuh Hilangkan Jerawat di Wajah

Tim detikFood - detikFood
Rabu, 05 Okt 2022 05:00 WIB
Jerawat di wajah
Foto: Getty Images/iStockphoto/Boyloso
Jakarta -

Selain obat jerawat berbahan kimia, jerawat dan bekasnya bisa dihilangkan dari wajah dengan bahan alami. Caranya mudah dan murah.

Cara menghilangkan jerawat secara alami ini hasilnya tidak bisa instan atau seketika. Diperlukan perawatan yang rutin dan berkala agar jerawat segera sembuh dan bekasnya hilang.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena perawatan menghilangkan jerawat secara alami ini aman dan minim efek samping yang tidak diinginkan. Bahan makanan dan minuman alami ini mudah didapat.

Berikut cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami yang dilansir dari Healthline.

1. Cuka apel

A glass bottle of red apple vinegar. Fresh red apples in the background.Cuka apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan wajah, salah satunya dapat menghilangkan jerawat serta memudarkan bekasnya. Foto: Getty Images/iStockphoto/TolikoffPhotography

Cuka apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan wajah, salah satunya dapat menghilangkan jerawat serta memudarkan bekasnya.

Bahan alami yang satu ini dikenal dapat melawan banyak jenis bakteri dan virus karena mengandung beberapa asam organik yang telah terbukti dapat membunuh bakteri Propionibacterium Acnes (P. Ances) yang merupakan penyebab jerawat.

Caranya, campurkan satu sendok makan cuka apel dengan tiga sendok air, untuk kulit sensitif gunakan lebih banyak air.

Kemudian bersihkan wajah dan keringkan. Lalu oleskan campuran cuka apel dan air tersebut pada kulit wajah menggunakan bola kapas dan diamkan selama 5-20 detik. Jika sudah, bilas dengan air dan keringkan. Kamu bisa mengulangi proses ini sebanyak 1-2 kali per hari, sesuai kebutuhan.

2. Madu dan kayu manis

Madu dan kayu manis merupakan sumber antioksidan yang sangat baik dan efektif untuk mengurangi jerawat daripada benzoil peroksida dan retinoid.

Kedua bahan ini juga memiliki sifat antibakteri dan dapat mengurangi peradangan yang merupakan dua faktor yang memicu jerawat.

Cara menggunakannya adalah mencampur dua sendok makan madu dan satu sendok teh kayu manis hingga kental. Lalu bersihkan dan keringkan wajah dan oleskan masker ke wajah selama 10-15 menit.

Setelah kering bilas masker sampai bersih dan tepuk-tepuk wajah Anda sampai kering alami.

3. Teh hijau

racikan teh hijau yang menyehatkan, bisa ditambahkan jahe, lemon, madu, hingga daun mint.Teh hijau mengandung antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang dapat mengurangi produksi sebum. Foto: Getty Images/iStockphoto

Teh hijau mengandung antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang dapat mengurangi produksi sebum, melawan peradangan, dan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menerapkan ekstrak teh hijau 2-3 persen pada kulit secara signifikan dapat mengurangi produksi sebum dan jerawat.

Caranya dengan menyeduh teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit lalu biarkan teh mendingin. Setelah itu, oleskan teh ke kulit menggunakan bola kapas yang telah disemprotkan air teh hijau. Biarkan sampai mengering, lalu bilas dengan air dan keringkan.

Sisa daun teh juga dapat dicampurkan dengan madu sebagai masker.



Simak Video "Bikin Laper: Bakso dengan Taburan Kikil Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT