ADVERTISEMENT

Konsumsi 7 Makanan Enak Ini Untuk Atasi Kulit Wajah Berminyak

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 10 Sep 2022 05:00 WIB
Konsumsi 7 Makanan Enak Ini Untuk Atasi Kulit Wajah Berminyak
Foto: Getty Images/iStockphoto/Bartosz Luczak
Jakarta -

Bukan hanya jerawat, kulit wajah berminyak juga membuat tidak nyaman. Makanan enak ini ternyata bisa membantu mengatasi kulit wajah berminyak secara alami.

Permasalahan pada kulit wajah banyak macamnya dan butuh penanganan khusus. Ada yang berjerawat, kulit kering, kulit kusam atau bahkan kulit dengan kadar minyak berlebih.

Kondisi minyak berlebih seringkali menyebabkan penyumbatan pada pori-pori yang dampaknya membuat jerawat bermunculan. Minyak yang berlebih pada wajah juga banyak dikeluhkan karena mengganggu penampilan.

Tidak hanya mengatasinya dengan kertas minyak, kondisi minyak berlebih pada wajah juga bisa dikendalikan melalui asupan makanan yang tepat. Nutrisi yang terkandung dalam makanan mampu mengatasi permasalahan tersebut secara alami.

Berikut ini 7 bahan makanan yang ampuh untuk atasi wajah berminyak menurut Stylecraze (7/9):

Konsumsi 7 Makanan Enak Ini Untuk Atasi Kulit Wajah BerminyakKandungan air yang tinggi pada timun cocok untuk membantu menghidrasi kulit wajah. Foto: Getty Images/iStockphoto/Bartosz Luczak

1. Timun

Timun masuk ke dalam daftar makanan yang kaya akan kandungan airnya. Pada 100 gram timun bahkan diketahui memiliki 95,23 gram air.

Konsumsi timun dapat membantu menghidrasi tubuh dan kulit serta mendorong racun keluar dari tubuh. Hasilnya konsumsi timun secara rutin dapat berperan sebagai anti inflamasi yang ampuh untuk mencegah keluhan serius pada kulit berminyak.

2. Biji-bijian utuh

Tidak banyak yang menyadari bahwa pemilihan karbohidrat yang dikonsumsi setiap hari memengaruhi kesehatan kulit. Biji-bijian utuh seperti gandum sangat disarankan untuk mengganti asupan karbohidrat olahan yang dampaknya kurang baik untuk kesehatan kulit.

Gandum memiliki kandungan biotin dari vitamin B yang dapat membantu memproses pencernaan lemak dan mencegah inflamasi yang merusak kulit. Selain mengatasi produksi minyak berlebih, komponen vitamin pada gandum ini secara spesial juga menjaga kelembaban kulit agar tidak menjadi kering.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung komponen asam lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kulit tetap sehat dan bersih. Kacang-kacangan memiliki komponen antiinflamasi yang membantu meningkatkan tekstur kulit.

Tetapi konsumsi kacang-kacangan tidak disarankan dalam jumlah berlebih dan maksimal cukup satu genggam sehari agar efeknya tidak berubah menjadi negatif. Konsumsi kacang-kacangan secara rutin ini juga mampu mencegah jerawat dan keluhan kulit wajah lainnya jika dilakukan secara tepat.

Makanan untuk mengatasi kulit berminyak lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Segarnya Minum Che Hun Tiau di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT