ADVERTISEMENT

7 Makanan Ini Bantu Atasi Jerawat dan Bekasnya, Bikin Kulit Mulus!

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 31 Agu 2022 11:30 WIB
Oatmeal cereals with grated coconut and nuts in a bowl of coconut shell tabletop view
Foto: Getty Images/Stefan Tomic
Jakarta -

Kotoran dan minyak yang menumpuk pada kulit seringkali menyebabkan jerawat. Konsumsi daftar makanan ini bisa bikin kulitmu jauh lebih mulus!

Jerawat menjadi salah satu permasalahan yang cukup rumit untuk diatasi. Beberapa faktor bisa menjadi penyebab munculnya jerawat membandel terutama di area kulit wajah dan sekitarnya.

Mulai dari konsumsi makanan yang tidak sehat, kebiasaan membersihkan wajah yang kurang baik hingga faktor hormonal yang tak dapat dihindari. Ternyata untuk mengatasi jerawat dan membantu memudarkan bekasnya bisa dilakukan secara alami dengan konsumsi beberapa makanan tertentu.

Dokter spesialis kulit dan kecantikan menyebutkan ada beberapa komponen dari makanan yang jika dikonsumsi secara tepat dapat membantu meredakan jerawat yang membandel. Tak hanya meredakan saja bahkan bekas kehitaman akibat jerawat bisa pudar dan kulit kembali mulus.

Berikut ini 7 makanan untuk mengatasi jerawat dan memudarkan bekasnya menurut Make Up and Beauty:

Oatmeal cereals with grated coconut and nuts in a bowl of coconut shell tabletop viewTinggi akan kandungan vitamin A, wortel ternyata mampu atasi masalah jerawat. Foto: Getty Images/Stefan Tomic

1. Ubi dan Wortel

Ubi dan wortel keduanya memiliki warna oranye yang segar dengan rasa manis alami yang enak. Ternyata warna oranye pada kedua makanan ini berasal dari kandungan vitamin A yang tinggi.

Vitamin A dibutuhkan oleh tubuh untuk mengendalikan hormon yang dampaknya dapat mencegah pertumbuhan jerawat. Jika asupan vitamin A tercukupi, maka sel-sel pembentuk jerawat lebih mudah untuk dikendalikan oleh kulit.

2. Brokoli

Tidak hanya bentuknya yang unik, komponen nutrisi di dalam brokoli juga cukup unik dan sangat menguntungkan. Ternyata brokoli juga mengandung vitamin B yang baik untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangan jerawat.

Brokoli juga mudah didapatkan dan diolah menjadi menu makan yang enak bergizi. Tidak hanya mengatasi jerawat, konsumsi vitamin B yang cukup juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan melawan gangguan yang merusak sel-sel kulit.

3. Jeruk

Sudah bukan rahasia bahwa jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C pada jeruk dikatakan mampu menjaga lapisan kulit dari berbagai kerusakan hingga memudarkan bekas luka pada kulit.

Vitamin C pada jeruk ini juga bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan jerawat dan memudarkan flek-flek hitam yang ditinggalkan oleh jerawat yang sudah terlanjur muncul. Vitamin C dalam jeruk ini memiliki manfaat anti inflamasi yang juga dapat meredakan kemerahan pada wajah.

Baca juga:

Makanan untuk melawan jerawat membandel lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT