Jangan Dikupas, Ini 5 Manfaat Konsumsi Kulit Kentang

ADVERTISEMENT

Jangan Dikupas, Ini 5 Manfaat Konsumsi Kulit Kentang

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 04 Okt 2022 05:00 WIB
manfaat kulit kentang
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kentang menyimpan beragam nutrisi dan manfaat untuk tubuh. Tak hanya dagingnya yang bermanfaat, tapi kulitnya juga menyimpan nutrisi penting. Ini manfaatnya!

Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang mengandung karbohidrat tinggi. Oleh karenanya, kentang biasa disajikan sebagai pelengkap makanan.

Selain dijadikan pelengkap, kentang juga enak dimasak sebagai tumisan, sup, dan lainnya. Teksturnya yang padat membuat kentang mengenyangkan ketika dikonsumsi.

Dilansir dari Slurrp (26/9), saat mengolah kentang sebaiknya jangan mengupas kulitnya. Karena kulitnya juga mengandung nutrisi yang tinggi. Kentang yang masih ada kulitnya akan menambah asupan serat, mineral, vitamin, dan phytochemicals.

Sebelum diolah, pastikan kulit kentang telah bersih dari tanah yang menempel. Caranya dengan menyikat kentang hingga bersih dan dibilas dengan air mengalir.

Baca Juga: Ini Menu Favorit Jokowi Saat Kunjungi Restoran di Perbatasan RI

Berikut 5 manfaat kulit kentang bagi tubuh:

1. Menurunkan Berat Badan

manfaat kulit kentangmanfaat kulit kentang Foto: Getty Images/iStockphoto

Kentang diketahui mengandung karbohidrat. Namun masih baik dikonsumsi pelaku diet sebagai pengganti nasi. Biasanya kentang diolah dengan cara direbus atau dipanggang.

Meskipun mengandung karbohidrat, kentang rendah kalori. Kulit kentang juga rendah lemak, kolesterol, dan garam. Inilah alasan mengapa mengonsumsi kentang dengan kulitnya dapat menurunkan berat badan.

2. Mengandung Zat Antikanker

Kulit kentang kaya akan polifenol, yang memiliki sifat antioksidan kuat. Selain itu, kulit kentang mengandung asam klorogenat konsentrasi tinggi, yang mengikat karsinogen (senyawa penyebab kanker). Sehingga dapat melindungi tubuh dari risiko kanker.

Oleh karenanya, kentang lebih baik dikonsumsi dengan kulitnya. Kulit kentang cenderung tipis, saat dikunyah tidak akan terasa keras. Kentang yang masih ada kulitnya, nikmatnya dijadikan kentang wedges.

3. Menurunkan Kolesterol

Kulit kentang mengandung serat yang tinggi. Ada juga kandungan zat antioksidan, polifenol, dan glikoalkaloid, di mana telah terbukti menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Akibatnya, orang yang ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari kulit kentang harus makan kentang yang tidak dikupas. Baik dikonsumsi secara rutin oleh orang yang menderita kolesterol tinggi.

Baca Juga: Icip-icip Kudapan Halal Singapura, Seafood hingga Nasi Briyani Lezat



Simak Video "Dibuang Sayang, Kulit Kentang Bisa Dibuat Jadi Keripik Renyah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT