Apa Benar Minum Kopi Bisa Bikin Payudara Mengecil? Ini Faktanya!

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Apa Benar Minum Kopi Bisa Bikin Payudara Mengecil? Ini Faktanya!

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 01 Okt 2022 07:30 WIB
Kopi bisa mengecilkan ukuran payudara wanita
Foto: Getty Images/andresr
Jakarta -

Minum kopi juga bisa menyebabkan beberapa efek samping pada wanita. Salah satunya, bisa membuat ukuran payudara menjadi kecil. Ini faktanya.

Klaim bahwa minum kopi bisa membuat ukuran payudara wanita lebih kecil dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Cancer.

Dalam penelitian tersebut para peneliti melakukan eksperimen kepada 300 wanita dan ditanyakan seberapa banyak mereka minum kopi dalam sehari.

Peneliti menemukan bahwa wanita yang minum tiga cangkir kopi atau bahkan lebih dalam sehari memiliki ukuran payudara yang 17% lebih kecil daripada wanita yang minum kopi kurang dari 3 cangkir.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Sehat Kopi yang Membuat Dorongan Seksual Meletup

Kopi wineKafein bisa berdampak pada hormon tubuh, sehingga bisa mempengaruhi ukuran payudara wanita. Foto: iStock

Menurut peneliti, itu semua efek dari kafein yang terkandung pada kopi. Kafein bisa berdampak pada hormon tubuh, sehingga bisa mempengaruhi ukuran payudara wanita.

"Minum kopi dapat memiliki efek besar pada ukuran payudara," ujar peneliti Helena Jernstrom dari Universitas Lund di Swedia, seperti yang dikutip dari Glamour (27/10/08).

Meski begitu, Helena menyebutkan wanita tidak perlu khawatir payudara mereka akan mengecil dalam semalam. Hal tersebut terjadi secara perlahan, tetapi bukan berarti akan hilang.

Lantas haruskah wanita berhenti minum kopi? Jawabannya adalah tidak harus. Sebab ada beberapa hal dalam penelitian ini yang perlu dikaji lebih lanjut.

Baca Juga: Ini Waktu Terbaik Minum Kopi untuk Dapatkan Manfaat Sehatnya

KopiPada studi tahun 2018 terhadap 4.130 wanita sehat, Trusted Source menemukan sedikit keterkaitan antara asupan kafein dengan kepadatan payudara. Foto: iStock

Pertama, tidak semua wanita memiliki kondisi hormon yang sama. Karenanya kondisi ini memberi akan memberi efek yang berbeda pada setiap wanita, tergantung bagaimana hormonnya.

Namun pada studi tahun 2018 terhadap 4.130 wanita sehat, Trusted Source menemukan sedikit keterkaitan antara asupan kafein dengan kepadatan payudara.

Hasil penelitiannya berbeda-beda, tergantung apakah perempuan tersebut premenopause atau postmenopause. Sementara itu, hubungan antara kafein dan kepadatan payudara belum sepenuhnya dipahami.

Kopi wineDalam kafein banyak senyawa yang aktif secara biologis (fitokimia) yang dapat merangsang enzim yang terlibat dengan metabolisme estrogen dan mengurangi peradangan. Foto: iStock

Dalam kafein banyak senyawa yang aktif secara biologis (fitokimia) yang dapat merangsang enzim yang terlibat dengan metabolisme estrogen dan mengurangi peradangan.

Fitokimia ini lah yang dapat menghambat transkripsi gen dengan menambahkan gugus metil ke molekul DNA. Sementara itu, dalam pengujian pada hewan, senyawa kopi menekan pembentukan tumor payudara.

Hal tersebut telah dilaporkan dalam studi tahun 2012 tentang kafein dan kanker payudara. Selain itu, penelitian bertahun-tahun tentang kafein dan kanker payudara menemukan bahwa minum kopi tidak meningkatkan risiko kanker payudara.

Dalam hal tersebut tidak disarankan bagi siapapun baik wanita maupun laki-laki untuk minum kopi berlebihan.

Baca Juga: 5 Mitos tentang Minum Kopi Ini Jangan Dipercaya Lagi



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT