ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk

Ini Waktu Terbaik Minum Kopi untuk Dapatkan Manfaat Sehatnya

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 11 Agu 2022 07:30 WIB
Kopi
Foto: iStock
Jakarta -

Kopi mengandung kafein yang bisa memberikan dampak positif dan juga negatif. Lantas, kapan waktu terbaik minum kopi agar mendapat manfaat positifnya?

Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Setiap negara bahkan memiliki jenis kopi dengan karakteristik rasa yang berbeda-beda.

Kopi mengandung stimulan yang disebut kafein. Kafein di dalam kopi bisa berdampak positif dan juga negatif pada kesehatan, tergantung bagaimana cara mengonsumsinya.

Hal tersebut berkaitan pula dengan waktu terbaik mengonsumsi kafein. Umumnya kopi diminum saat pagi hari atau malam hari. Lalu kapan waktu terbaik di antara keduanya?

1. Jika Minum Kopi Pagi Hari

KopiJika kamu bangun sekitar pukul 06.30, kamu bisa minum kopi antara pukul 09.30 - 11.30. Foto: iStock

Banyak orang yang memulai pagi hari dengan minum kopi. Namun dikutip dari Healthline, minum kopi terlalu cepat setelah bangun bisa mengurangi efek energinya.

Sebab ketika bangun tidur, hormon kortisol sedang berada pada puncak. Kortisol adalah hormon yang dapat meningkatkan metabolisme, respon sistem kekebalan dan tekanan darah.

Hormon itu mengikuti ritme khusus untuk siklus tidur-bangun kamu, dengan tingkat tinggi yang memuncak 30-45 menit setelah naik kemudian perlahan menurun sepanjang hari.

Karenanya disarankan bahwa waktu terbaik untuk minum kopi di pagi hari adalah pertengahan hingga akhir pagi. Saat itu waktu ketika tingkat kortisol sudah rendah.

Jika kamu bangun sekitar pukul 06.30, kamu bisa minum kopi antara pukul 09.30 - 11.30.

Baca Juga: Tren Kopi Infused Alkohol, Biji Kopi Direndam Whisky hingga Arak Bali



Simak Video "Mencicipi Kopi di Festival Coffee Rajadesa Art and Culture"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT