Kopi Panas Vs Es Kopi, Ini Perbedaan Manfaat Sehatnya

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Kopi Panas Vs Es Kopi, Ini Perbedaan Manfaat Sehatnya

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 29 Sep 2022 08:00 WIB
Kopi Panas Vs Es Kopi, Ini Perbedaan Manfaat Sehatnya
Foto: Getty Images
Jakarta -

Pencinta kopi ada yang suka kopi panas dan es kopi. Perbedaan keduanya ternyata bukan hanya pada suhu, melainkan juga dari sisi manfaat. Apa saja ya?

Setiap orang punya preferensi ketika menikmati kopi. Sebagian lebih suka kopi panas, sebagian lagi lebih suka kopinya bersuhu dingin dengan tambahan es batu.

Hal ini sebenarnya sah-sah saja karena sesuai selera, tetapi perbedaan antara kopi panas dan kopi dingin bukan sekadar karena suhu saja, melainkan juga beda manfaatnya.

Terlepas dari panas atau dingin, kopi dikenal punya banyak sekali manfaat. Mulai dari mendorong energi, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sirkulasi darah, dan masih banyak lagi.

Ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, kopi bahkan bisa mengurangi depresi hingga menurunkan risiko terkena diabetes. Seperti sebuah studi tahun 2018, dalam JAMA Internal Medicine menemukan bahwa minum kopi juga bisa membantu memperpanjang umur.

Lantas, apakah perbedaan ketika kopi yang dinikmati memiliki suhu berbeda? Merangkum bustle.com (3/07/2019) berikut 5 perbedaan manfaat dari kopi panas dan es kopi:

1. Kopi Panas Memiliki Lebih Banyak Antioksidan

10 Nama Minuman Kopi Populer Berikut Cara Pengucapannya yang TepatKopi panas ditemukan memiliki tingkat antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan kopi dingin dengan es. Foto: Lovefood

Dalam sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan Scientific Reports terungkap ada perbedaan kimiawi antara kopi panas dan dingin. Kopi panas ditemukan memiliki tingkat antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan kopi dingin dengan es.

Dengan penemuan antioksidan tersebut, kopi panas akhirnya diyakini sedikit lebih sehat. Antioksidan menjadi penting untuk kesehatan.

Menurut Dr Nikola Djordjevic, MD dari Disturb Me Not, antioksidan dalam kopi bisa memberikan manfaat untuk menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, penyakit hati, diabetes, hingga mengurangi risiko kematian dini.

2. Es Kopi Umumnya Punya Kandungan Kafein Lebih Sedikit

Kopi Panas Vs Es Kopi, Ini Perbedaan Manfaat SehatnyaDalam satu gelas es kopi, biasanya mengandung sekitar 40 mg kafein per 100 g. Foto: Getty Images

Sebenarnya jumlah kafein pada kopi berbeda tergantung dari jenis kopinya. Tetapi Jordan Karcher selaku pakar kopi dan pendiri Grounds & Hounds Coffee Co mengungkapkan, secara umum es kopi mengandung lebih sedikit kafein yang bermanfaat bagi mereka yang ingin minum kopi tanpa merasa gelisah.

Dalam satu gelas es kopi, biasanya mengandung sekitar 40 mg kafein per 100 g. Sedangkan kopi panas mengandung sekitar 60 mg per 100 g kopi. Mengonsumsi es kopi bisa membuat tidur lebih baik, hormon pada wanita lebih seimbang, serta menurunkan tekanan darah.



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT