Minum Kopi Sebelum Olahraga Bisa Dapat 5 Manfaat Sehat Ini

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Minum Kopi Sebelum Olahraga Bisa Dapat 5 Manfaat Sehat Ini

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 28 Sep 2022 07:30 WIB
Minum Kopi Sebelum Olahraga Bisa Dapat 5 Manfaat Sehat Ini
Foto: Getty Images/Aleksandar Jankovic
Jakarta -

Kandungan kafein yang memicu produksi energi membuat banyak orang doyan minum kopi saat pagi hari. Ternyata ada manfaat sehat jika minum kopi sebelum olahraga.

Kandungan kafein tidak hanya dapat mengatasi rasa mengantuk. Kafein juga disebut-sebut sebagai komponen yang ampuh untuk membantu produksi energi di dalam tubuh.

Hal ini menjadi salah satu alasan banyak orang senang minum kopi saat pagi hari sebelum beraktivitas. Ternyata tak hanya energi untuk beraktivitas, kafein pada kopi juga cocok untuk dinikmati saat olahraga.

Dorongan energi yang besar membuat tubuh lebih mudah untuk mengikuti tekanan yang diterima saat berolahraga. Menurut para ahli kesehatan minum kopi sebelum berolahraga memang dapat memberikan manfaat khususnya. Simak daftarnya!

Berikut ini 5 manfaat minum kopi sebelum berolahraga dilansir dari berbagai sumber:

Minum Kopi Sebelum Olahraga Bisa Dapat 5 Manfaat Sehat IniMinum kopi sebelum berolahraga dapat membantu meningkatkan kecepatan tubuh. Foto: Getty Images/Aleksandar Jankovic

1. Meningkatkan kecepatan

Menurut pengamatan yang yang dilakukan pada tahun 2017, para peneliti menemukan bahwa kafein berpengaruh besar terhadap kecepatan. Kafein secara signifikan dapat meningkatkan kecepatan yang bertahan selama 45 detik hingga 8 menit setelah minum kopi.

Kemudian para peneliti juga melakukan penelitian lanjutan di tahun 2020 tentang efek minum kopi terhadap kecepatan. Dampaknya ditemukan pada para partisipan menjadi lebih kuat dan cepat saat melakukan push up, sit up dan squat.

Tetapi efek ini tidak ditemukan pada suplemen kafein. Suplemen kafein dan kopi memang memiliki efek yang sama tetapi kafein alami dari segelas kopi menunjukkan hasil yang lebih efektif.

2. Memicu kekuatan

Beberapa atlet dan pegiat olahraga angkat beban seringkali meminum espresso sebelum mulai berlatih. Konon minum kopi dipercaya dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh terutama untuk membantu mengangkat beban yang berat.

Sebuah pengamatan di tahun 2018 menunjukkan hal yang sama. Konsumsi kafein sebelum berolahraga dapat membantu memaksimalkan kekuatan tubuh bagian atas dan otot secara keseluruhan.

Menurut para peneliti minum kopi untuk meningkatkan kekuatan ini juga dimanfaatkan oleh atlet lompat tinggi dan atlet angkat beban. Tetapi para peneliti menjelaskan bahwa mereka membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat efeknya pada atlet wanita.

Baca juga: Duh! Pelanggan Bermobil Mewah Kabur Tak Bayar Makanan Rp 3,5 Juta

Manfaat minum kopi sebelum berolahraga lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Olahraga Dimana Pun Kini Bisa Bersama Keluarga"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT