ADVERTISEMENT

5 Fakta Lotus Root Powder, Makanan Diet yang Lagi Viral di TikTok

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Jumat, 23 Sep 2022 12:30 WIB
5 Fakta Lotus Root Powder, Makanan Diet yang Lagi Viral di TikTok
Foto: TikTok @tiancj
Jakarta -

Lotus root powder alias oufen belakangan ramai dicicipi konten kreator di TikTok. Mereka penasaran dengan cita rasa makanan yang disebut bagus untuk diet ini. Apa itu sebenarnya lotus root powder?

Menu diet adalah pembahasan yang selalu ramai diminati di media sosial, tak terkecuali di TikTok. Banyak konten kreator belakangan ini mencicipi menu diet yang lagi viral.

Namanya lotus root powder atau sering disebut lotus root soup atau oufen. Makanan kalengan ini perlu diseduh dengan air mendidih dan diaduk hingga mengental.

Konon konsumsinya saat pagi atau malam hari dianjurkan untuk mereka yang sedang diet. Lotus root powder disebut kaya serat sehingga bantu mempertahankan kenyang lebih lama.

Sebenarnya apa itu lotus root powder? Apakah nutrisinya memang benar-benar bagus untuk diet?

Berikut 5 fakta lotus root powder yang detikfood rangkum dari berbagai sumber:

1. Berasal dari akar teratai

Akar terataiAkar teratai, bahan utama lotus root powder. Foto: Getty Images/iStockphoto/bhofack2

Lotus root powder secara harfiah berarti bubuk akar teratai. Makanan ini berasal dari bubuk atau tepung akar teratai sebagai bahan utamanya.

Bubuk akar teratai lalu dicampur aneka makanan bernutrisi. Mulai dari buah kering, kurma merah, jamur putih, hingga kacang-kacangan.

Mengutip Liziqicn.com, akar teratai sejak dulu memang terkenal sebagai makanan bernutrisi nan mewah dalam budaya China. Konon olahan umbi batang ini menjadi menu favorit para kaisar kerajaan di China.

Akar teratai bahkan menjadi salah satu warisan budaya tak benda di China. Tahun 1972, presiden Amerika Serikat Richard Nixon juga jatuh cinta dengan cita rasa bubuk akar teratai saat mencicipinya di China. Ia turut membawa makanan ini saat kembali ke negaranya.

2. Nutrisi akar teratai

Akar teratai yang jadi bahan utama lotus root powder memiliki banyak keunggulan nutrisi. Mengutip Very Well Fit, dalam 1/2 cangkir bubuk akar teratai yang sudah direbus mengandung 40 kalori, 1 gram protein, 9,6 gram karbohidrat, dan 0 gram lemak.

Akar teratai juga menjadi sumber vitamin C, serat, dan vitamin B6 yang sangat bagus untuk kesehatan. Kadarnya masing-masing mencapai 16,4 mg, 1,9 gram, dan 0,2 mg.

Adapun mayoritas kalori dari akar teratai berasal dari karbohidrat, namun kandungan indeks glikemiknya tergolong rendah. Hal ini berarti ketika dikonsumsi, akar teratai tidak langsung menyebabkan gula darah melonjak.

3. Manfaat sehat konsumsi akar teratai

5 Fakta Lotus Root Powder, Makanan Diet yang Lagi Viral di TikTokLotus Root Powder yang sudah diseduh memiliki tekstur kental. Foto: TikTok Agnes Jennifer

Dalam kaitannya sebagai makanan diet, lotus root powder disebut bisa menurunkan berat badan karena rendah kalori dan lemak. Selain itu, kandungan seratnya tinggi sehingga bisa bikin kenyang lebih lama.

Lotus root powder juga berfungsi melancarkan sistem pencernaan karena kandungan seratnya itu. Lalu untuk manfaat sehat lainnya, lotus root powder bisa mengatasi tekanan darah tinggi, mengurangi stress, hingga menutrisi kulit dan rambut.

Informasi cara mengonsumsi lotus root powder ada di halaman selanjutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Oseng-oseng Pedas Cumi hingga Ikan Cakalang "
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT