ADVERTISEMENT

5 Makanan Ini Sering Dianggap Rendah Karbohidrat, Padahal Tidak

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 22 Sep 2022 05:00 WIB
makanan rendah lemak tinggi karbohidrat
Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa orang yang berdiet menghindari makanan rendah karbohidrat, termasuk makanan ini. Padahal 7 makanan ini tidak termasuk rendah karbohidrat. Jangan sampai salah ya!

Diet biasanya dilakukan untuk menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan tubuh. Kebanyakan diet penurunan berat badan akan memfokuskan pada pola makan rendah karbohidrat.

Sebagai gantinya, mereka akan meninggalkan makanan karbohidrat ataupun akan mencari makanan yang memiliki karbohidrat lebih sedikit.

Melansir healthline.com (02/04/2020), jika seseorang aktif berkegiatan dan ingin mempertahankan badannya, asupan karbohidrat yang dibutuhkan sekitar 100-15- gram. Sementara, mereka yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat, hanya perlu asupan karbohidrat sebanyak 50 gram atau kurang, di bawah bimbingan para ahli.

Ada beberapa jenis makanan yang dianggap punya karbohidrat rendah sehingga sering dikonsumsi oleh pelaku diet.

Sayangnya, tak semua makanan yang selama ini dikenal punya karbohidrat rendah benar adanya. Nyatanya, ada sebagian makanan berkarbohidrat rendah yang memiliki karbohidrat tersembunyi.

Untuk menghindari kesalahan, berikut 5 makanan yang sering dianggap mengandung karbohidrat rendah padahal tidak, dirangkum dari Times of India (12/09/2019).

1. Pisang

pisang buat sarapanPisang juga memiliki beberapa nutrisi penting termasuk vitamin B6 dan potassium yang baik untuk pencernaan hingga kesehatan jantung. Foto: Getty Images/iStockphoto/

Pisang merupakan buah yang sering dijadikan camilan atau topping dalam menu diet banyak orang. Pisang dikenal tinggi tinggi akan serat sehingga mampu mengenyangkan.

Pisang juga memiliki beberapa nutrisi penting termasuk vitamin B6 dan potassium yang baik untuk pencernaan hingga kesehatan jantung.

Tetapi pisang justru memiliki karbohidrat yang cukup besar. Dalam satu ukuran pisang sedang, terkandung sekitar 27 gram karbohidrat.

Tetapi karbohidrat tersebut bisa berguna jika memang tubuh kekurangan energi. Karena karbohidrat dari pisang bisa dengan cepat menggantikan peran sumber energi yang terkuras.

2. Mangga

Ada juga buah tropis yang memiliki rasa manis asam segar dan dianggap memiliki karbohidrat yang rendah.

Mangga dikenal kaya akan vitamin C, antioksidan, potassium, dan kandungan serat tinggi. buah ini juga baik untuk kesehatan kulit, kesehatan reproduksi, dan perkembangan sel.

Tetapi dalam satu buah mangga, mereka mengandung sejumlah karbohidrat tinggi. Bahkan setidaknya sepotong mangga bisa mengandung 28 gram karbohidrat.



Simak Video "Puluhan Siswa MI Bulurejo Magelang Keracunan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT