ADVERTISEMENT

Jangan Peras Lemon ke Makanan Panas, Ini Sebabnya

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 22 Sep 2022 10:30 WIB
Jangan Peras Lemon ke Makanan Panas, Ini Sebabnya
Foto: Getty Images/iStockphoto/OstapandRoksolanaMykytiv
Jakarta -

Segarnya lemon seringkali digunakan saat memasak. Ternyata penggunaan masak untuk lemon dengan cara ini perlu dihentikan.

Buah lemon yang kaya air seringkali digunakan untuk berbagai hal. Rasanya yang asam segar serta kandungan nutrisinya yang tinggi membuat lemon juga banyak ditambahkan dalam berbagai makanan.

Bagian yang paling sering dimanfaatkan dari buah lemon biasanya adalah perasan airnya. Baik untuk menyiapkan bahan makanan sebelum dimasak, penambah rasa, maupun diminum sebagai campuran racikan minuman yang segar.

Ternyata memeras lemon ke atas makanan dan minuman yang panas tidak boleh dilakukan. Ada alasan yang dijelaskan oleh pakar kesehatan dan konon berdampak buruk untuk tubuh.

Jangan Peras Lemon ke Makanan Panas, Ini SebabnyaSering dipercaya sebagai peluntur lemak. ternyata ada kekeliruan dalam konsumsi lemon. Foto: Getty Images/iStockphoto/OstapandRoksolanaMykytiv

Mengutip Times of India (18/9) hampir di seluruh dunia, buah lemon dimanfaatkan untuk memasak. Mulai dari menghilangkan bau amis pada ikan, ditambahkan sebagai bahan campuran, hingga bahan yang ditambahkan ke atas makanan setelah matang.

Buah lemon juga banyak dipercaya untuk membantu menurunkan berat badan dan membakar tumpukan lemak di dalam tubuh. Minum perasan air lemon yang ditambahkan pada segelas air panas dipercaya dapat membantu meluruhkan lemak di dalam tubuh.

Biasanya kebiasaan meminum perasan lemon dan air hangat ini banyak dikonsumsi pada pagi hari ketika perut masih kosong. Minum perasan lemon hangat tepat setelah bangun tidur dikatakan lebih efektif untuk membakar lemak sebelum ada asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Ternyata ada beberapa kekeliruan pada praktik yang sering dilakukan. Menambahkan perasan jeruk lemon ke atas makanan atau minuman yang panas justru dapat merusak efektivitas vitamin yang terdapat di dalamnya secara alami.

Jangan Peras Lemon ke Makanan Panas, Ini SebabnyaLemon tidak disarankan untuk diperas pada makanan dan minuman panas. Foto: Getty Images/iStockphoto/OstapandRoksolanaMykytiv

Ada tiga alasan yang membuat ahli percaya bahwa menambahkan lemon ke atas makanan dan minuman panas tidak perlu dilakukan. Agar tak salah lagi, simak alasan para pakar kesehatan ini.

1. Mengurangi nutrisinya

Warna kuning dan rasanya yang asam pada buah lemon menjadi ciri-ciri buah yang tinggi akan vitamin C. Khasiat buah lemon yang selama ini dipercaya tak lepas dari kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya.

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang larut dalam air dn mudah rusak. Termasuk pada asupan makanan yang sudah memiliki kandungan vitamin C secara alami.

Kehadiran asama skorbat yang membentuk vitamin C pada lemon juga merupakan komponen yang mudah hancur dan sensitif terhadap suhu. Hal ini yang ditekankan oleh ahli untuk tidak menambahkan perasan lemon pada makanan dan minuman bersuhu panas.



Simak Video "Bikin Laper: Cobain Menu Ayam Lemon Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT