ADVERTISEMENT

Sarapan Apel atau Kopi, Mana Lebih Sehat?

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 18 Sep 2022 05:00 WIB
Sarapan apel atau kopi, mana yang lebih sehat?
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Apel dan kopi biasa dinikmati sebagai menu sarapan. Namun keduanya memiliki nutrisi yang berbeda. Ahli nutrisi mengungkapkan menu yang lebih baik dikonsumsi.

Sarapan penting dilakukan untuk memenuhi asupan nutrisi sekaligus memasok energi guna beraktivitas. Menu sarapan yang dapat dipilih beragam jenisnya, tentunya dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat.

Untuk makanan sehat yang bisa dikonsumsi bisa berupa buah-buahan maupun sayuran. Ada juga yang mengonsumsi makanan tinggi protein.

Dilansir dari Food NDTV (6/9), ahli nutrisi Nmami Agarwal yang berbasis di India memberikan rekomendasi menu sarapan yang sehat namun tetap ringan untuk dikonsumsi pagi hari yaitu buah apel.

Baca Juga: 5 Rempah dan Bumbu Dapur Ini Terbukti Ampuh Cegah Kanker

Sarapan apel atau kopi, mana yang lebih sehat?Sarapan apel atau kopi, mana yang lebih sehat? Foto: Getty Images/iStockphoto

Satu buah apel mengandung nutrisi yang tinggi. Di antaranya 95 kalori, 1 gram protein, 23 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan 19 gram gula alami. Buah apel juga rendah lemak.

Nmami membandingkan mengonsumsi sebuah apel dan secangkir kopi saat sarapan. Ahli nutrisi ini menjelaskan kalau sebuah apel lebih baik dibandingkan kopi.

"Apel atau kopi? Mana yang akan kamu konsumsi di pagi hari?" ujarnya dalam unggahan sebuah video di Instagram.

"Apel tidak mengandung kafein. Tapi di dalamnya terdapat gula alami yang akan membuat tubuh mendapatkan energi," lanjutnya.

Baca Juga: Gigi Hadid Ramping dan Seksi, Ini Rahasia Pola Makan sang Model

Selain gula alami yang bermanfaat dalam memberikan energi, kandungan serat juga memberikan manfaat. Serat membantu dalam mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Sarapan apel atau kopi, mana yang lebih sehat?Sarapan apel atau kopi, mana yang lebih sehat? Foto: Getty Images/iStockphoto

Sedangkan jika minum kopi saat sarapan, kandungan kafeinnya memang membuat tubuh kita berenergi. Namun, ada sebagian orang yang tidak bisa mengonsumsi kopi karena masalah kesehatan. Seperti yang menderita penyakit lambung.

Lantas, bagaimana cara mengonsumsi apel saat sarapan? Nmami menjelaskan kalau apel dapat dikonsumsi secara utuh. Apel juga dapat dijadikan campuran pada sajian salad buah.

Kalau ingin mengonsumsinya sebagai teh apel juga baik. Caranya dengan merebus potongan buah apel, kemudian airnya bisa dikonsumsi selagi hangat.

Baca Juga: Black Garlic yang Menyehatkan Bisa Jadi Tidak Halal karena Ini



Simak Video "Mencicipi Kopi di Festival Coffee Rajadesa Art and Culture"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT