ADVERTISEMENT

5 Rempah dan Bumbu Dapur Ini Terbukti Ampuh Cegah Kanker

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 16 Sep 2022 10:30 WIB
5 Rempah dan Bumbu Dapur Ini Terbukti Ampuh Cegah Kanker.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Ternyata bukan hanya konsumsi makanan tertentu saja yang bisa mencegah kanker, melainkan juga penggunaan rempah dan bumbu dapur. Apa saja daftarnya?

Beberapa bumbu dan rempah yang biasa diambil dari tanaman herbal, telah digunakan selama berabad-abad bukan hanya sebagai bumbu tambahan pada makanan, melainkan juga untuk tujuan pengobatan.

Bumbu tersebut memang dikenal memiliki khasiat untuk mencegah, bahkan menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Di dalamnya mengandung fitokimia yang dapat membantu mencegah berbagai kondisi penyakit, salah satunya kanker.

Kanker menjadi salah satu penyakit yang sangat dihindari. Penyakit ini bisa disebabkan karena pola dan gaya hidup yang kurang sehat.

Untuk mengatasinya, kebanyakan chef dan pencinta kuliner setuju untuk menambahkan sedikit atau sejumput rempah dan bumbu dapur ke dalam masakan. Penggunaannya bisa mencegah kanker.

Berikut 5 rempah dan bumbu dapur untuk mencegah kanker, seperti dirangkum dari everydayhealth.com (21/01):

1. Kunyit

5 Rempah dan Bumbu Dapur Ini Terbukti Ampuh Cegah Kanker.Rempah ini dianggap sebagai salah satu yang memiliki sifat anti-peradangan paling ampuh hingga saat ini. Foto: Getty Images

Kunyit sering dipakai, terutama pada makanan makanan khas Indonesia dan India. Rimpang ini mengandung kurkumin yang akan memberi warna kuning. Namun para ilmuwan juga menemukan bahwa kurkumin pada kunyit memiliki aktivitas anti-kanker karena zat fenoliknya.

Rempah ini dianggap sebagai salah satu yang memiliki sifat anti-peradangan paling ampuh hingga saat ini.

Kanker memiliki jaringan pembuluh darah yang memberi mereka makan, ucap Bontempo selaku ahli diet Onkologi di Montefiore Medical Center. Namun dengan adanya kurkumin, maka pembuluh darah itu bisa dilawan dengan mencekik sel kanker sampai mati.

Campur kunyit dengan lada hitam dan minyak zaitun untuk mengaktifkan kekuatan kurkumin. Dengan rasanya yang cukup ringan, kunyit bisa dijadikan bumbu marinasi ayam hingga sayuran. Kunyit juga bisa ditambahkan ke dalam sup, semur, saus, atau dibuat jamu.

2. Jahe

5 Rempah dan Bumbu Dapur Ini Terbukti Ampuh Cegah Kanker.Kandungan gingerol dan zingerone ini diketahui memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang mampu membantu melindungi diri dari kanker. Foto: Getty Images

Selain kunyit, jahe juga bisa memberikan manfaat luar biasa untuk mencegah kanker. Jahe memang menjadi bahan dapur yang dikenal mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti batuk, pilek, hingga nyeri pada otot.

Di dalam jahe segar terkandung gingerol, sedangkan jahe kering akan membentuk zingerone. Kandungan gingerol dan zingerone ini diketahui memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang mampu membantu melindungi diri dari kanker.

Jahe bisa dijadikan bumbu masakan yang lezat. Irisan jahe juga bisa diseduh dalam air panas untuk dijadikan teh yang bisa membantu mengatasi masalah mual sekaligus mengurangi risiko kanker.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT