ADVERTISEMENT

7 Makanan Ini Cocok untuk Atasi Kulit Wajah Kering, Intip Yuk!

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 17 Sep 2022 08:00 WIB
7 Makanan Ini Cocok untuk Atasi Kulit Wajah Kering, Intip Yuk!
Foto: Getty Images/iStockphoto/Floortje
Jakarta -

Wajah yang kering membuat kulit terlihat lebih kusam. Agar kulit terjaga kelembaban dan tampak glowing, konsumsi makanan sehat yang enak ini bisa jadi solusinya.

Selain kulit berminyak, kulit wajah yang kering dan tampak kusam sering menjadi keluhan. Kesulitan menjaga kelembaban kulit terutama pada area wajah banyak dialami beberapa orang khususnya pada wanita.

Wajah yang terlalu kering membuat kulitnya tampak lebih kusam karena kekurangan cairan. Kondisi kulit yang kering juga dikatakan ahli kecantikan akan mempercepat proses penuaan dengan munculnya lipatan-lipatan dan garis halus pada sekitar wajah.

Untuk mengatasinya ternyata ada beberapa makanan yang dapat merawat kulit secara alami. Rasanya yang enak tidak akan membuat bosan untuk menikmatinya dan cocok dijadikan sebagai camilan yang lebih sehat.

Berikut ini 7 makanan untuk kulit kering dan kusam menurut Food NDTV:

7 Makanan Ini Cocok untuk Atasi Kulit Wajah Kering, Intip Yuk!Padat nutrisi, kacang-kacangan cocok untuk menjaga kelembaban kulit. Foto: Getty Images/iStockphoto/Floortje

1. Kacang dan biji-bijian

Kacang memiliki kandungan lemak jenuh yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, bentuk kacang dan biji-bijian yang kecil juga mengandung fitonutrien yang baik untuk melawan kerusakan kulit akibat stres oksidatif.

Kacang dan biji-bijian diungkapkan oleh ahli mengandung nutrisi yang padat sehingga cocok untuk dimanfaatkan khasiatnya. Segenggam kacang atau biji-bijian bisa menjadi pengganti camilan yang lebih sehat. Kacang almond, mete, dan pistachio bisa jadi pilihan.

2. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat yang tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Alpukat memiliki lemak tak jenuh tunggal dan sedikit lemak jenuh yang dibutuhkan tubuh.

Selain kandungan lemak sehat yang tinggi, alpukat juga memiliki kandungan vitamin yang berperan sebagai antioksidan. Alpukat bisa dinikmati secara segar maupun sebagai topping roti panggang atau smoothie.

3. Ikan

Beberapa jenis ikan memiliki kandungan lemak sehat yang mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga dibutuhkan asupan makanan yang dapat memenuhi jumlahnya.

Asam lemak omega-3 ini merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh membran sel tubuh. Ahli gizi menyarankan untuk setidaknya mengonsumsi tiga porsi ikan dalam satu minggu. Jenis ikan kaya asam lemak omega-3 antara lain salmon, sarden, tuna, dan tenggiri.

Makanan untuk kulit kering dan kusam lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Kulineran Malam di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT