ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Selain Kafein, Senyawa pada Kopi Ini Juga Baik untuk Kesehatan

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 16 Sep 2022 07:30 WIB
Selain Kafein, Senyawa pada Kopi Ini Juga Baik untuk Kesehatan
Foto: Getty Images
Jakarta -

Selama ini kita menganggap bahwa senyawa kopi yang mempengaruhi kesehatan hanyalah kafein. Ternyata beberapa senyawa lain juga bisa memberikan efek positif pada tubuh.

Banyak orang percaya bahwa kopi memberikan manfaat baik bagi kesehatan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minum kopi dalam jumlah sedang, dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan seperti menurunkan berat badan, baik untuk kesehatan jantung, dan lain sebagainya.

Selama ini mungkin kita hanya tahu kopi memiliki kandungan kafein yang bisa mempengaruhi kesehatan. Nyatanya, ada beberapa kandungan kopi lainnya yang turut bisa juga berdampak baik dan buruk bagi kesehatan tubuh.

Karena, kopi secara kimiawi kompleks, dan mengandung banyak komponen yang bisa mempengaruhi kesehatan dengan cara berbeda.

Sementara kafein menjadi komponen yang paling terkenal, berikut komponen lain dari kopi yang juga mampu mempengaruhi kesehatan, dirangkum dari theconversation.com (16/12/2021).

1. Alkaloid

Selain Kafein, Senyawa pada Kopi Ini Juga Baik untuk KesehatanTrigonelin memang kurang diteliti, tetapi ada penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan ini mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Foto: Getty Images

Selain kafein, ada juga trigonelin yang merupakan alkaloid penting yang ditemukan dalam kopi. Trigonelin memang kurang diteliti, tetapi ada penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan ini mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Beberapa penelitian lain yang berfokus kepada trigonelin juga menunjukkan kandungan ini baik untuk kesehatan tubuh.

2. Polifenol

Mungkin jika mendengar namanya, senyawa ini cukup asing. Tetapi peneliti menemukan bahwa senyawa ini banyak ditemukan di tumbuhan, termasuk kakao dan blueberry.

Polifenol sendiri memiliki manfaat yang baik untuk jantung dan pembuluh darah, serta dapat membantu mencegah penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer.

Sebagian besar polifenol dalam kopi disebut dengan asam klorogenat. Ada bukti yang menunjukkan bahwa asam klorogenat mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2 dengan cara mengendalikan lonjakan gula darah setelah makan.

3. Diterpene

Selain Kafein, Senyawa pada Kopi Ini Juga Baik untuk KesehatanDiterpene telah terbukti meningkatkan kadar LDL (low density lipoprotein), jenis kolesterol jahat yang biasa dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular. Foto: Getty Images

Kandungan lain yang terdapat di kopi adalah diterpen. Terdapat dua jenis diterpene pada kopi, cafestol dan kahweol yang membentuk minyak kopi, yaitu zat lemak alami yang dilepaskan dari kopi selama proses penyeduhan.

Mungkin beberapa kandungan lainnya mampu memberikan manfaat baik, tetapi tidak dengan diterpene. Diterpene telah terbukti meningkatkan kadar LDL (low density lipoprotein), jenis kolesterol jahat yang biasa dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT