ADVERTISEMENT

Ganti Konsumsi 4 Makanan Harian Ini untuk Sehatkan Pencernaan

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 14 Sep 2022 06:00 WIB
Ganti Konsumsi 4 Makanan Harian Ini untuk Sehatkan Pencernaan
Foto: Getty Images
Jakarta -

Usus menjadi punya peran penting untuk kesehatan. Untuk menghindari segala masalah pada usus, coba lakukan penggantian makanan sehari-hari ke menu yang lebih sehat ini.

Usus adalah bagian penting dalam tubuh yang memiliki banyak peran, mulai dari memecah makanan menjadi nutrisi, menyeimbangkan hormon, membuang racun, menunjang metabolisme tubuh, hingga kesehatan mental.

Sebuah penelitian sedang mempelajari mikrobiota usus saat ini. Di dalamnya terdapat berbagai macam bakteri, yang sebagian besar di usus dan membantu memberi manfaat sehat dengan menjaga fungsi tubuh.

Namun jika ada mikrobiota usus yang tidak sehat, kondisi ini akan menyebabkan peradangan dan mengubah cara kerja sistem kekebalan dalam tubuh kita. Hal ini berdampak pada kondisi tubuh yang lebih rentan terkena penyakit.

Mikrobiota usus yang tak sehat itu bisa disebabkan dari apa yang kita konsumsi. Mungkin tidak terlihat langsung efeknya.

Tetapi makanan yang kurang sehat bagi usus dapat membuat perbedaan besar yang kemungkinan bisa menyebabkan penyakit di kemudian hari.

Untuk itu, penggantian makanan ke yang lebih sehat bisa mencegah hal ini. Ahli gizi Bhakti Kapoor membahas beberapa pilihan sehat untuk meningkatkan kesehatan usus yang dirangkum dari hindustantimes.com (11/09).

1. Tukar Air Putih Dingin dengan Teh Lemon atau Jahe Hangat

Ganti Konsumsi 4 Makanan Harian Ini untuk Sehatkan PencernaanAlasan di balik penukaran ini karena air es atau air dingin memiliki dampak negatif pada pencernaan. Meskipun itu adalah air putih, tetapi minuman dingin dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengganggu pencernaan. Foto: Getty Images

Dalam unggahan Instagram milik ahli Gizi Bhakti Kapoor, ia menawarkan penggantian minuman yang lebih sehat. Mungkin sebagian dari kita sangat menikmati air dingin, namun untuk menjaga kesehatan usus, pilihan yang lebih baik adalah teh lemon atau jahe hangat.

Alasan di balik penukaran ini karena air es atau air dingin memiliki dampak negatif pada pencernaan. Meskipun itu adalah air putih, tetapi minuman dingin dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengganggu pencernaan.

Selama kita minum minuman dingin, proses penyerapan nutrisi secara alami dalam pencernaan akan terhambat. Sementara jika kita mengganti ke teh lemon atau jahe hangat, teh itu akan membantu mengatasi gangguan pencernaan.

Karena lemon dan jahe adalah tanaman yang dapat membantu meredakan sakit perut ringan yang disebabkan oleh gangguan pencernaan.

2. Tukar Pasta Olahan dengan Mie Sayuran

Ganti Konsumsi 4 Makanan Harian Ini untuk Sehatkan PencernaanMie vegetarian adalah pilihan yang bebas dari gluten dan baik sebagai opsi pengganti karbohidrat dalam pasta. Mie sayuran atau vegetarian juga menyediakan banyak nutrisi. Foto: Getty Images

Mungkin banyak dari kita menyukai pasta karena makanan ini mudah dibuat dan bisa dikreasikan dengan bumbu apa saja. Namun nyatanya pasta atau gandum olahan lebih baik ditukar dengan mie sayuran.

Mie vegetarian adalah pilihan yang bebas dari gluten dan baik sebagai opsi pengganti karbohidrat dalam pasta. Mie sayuran atau vegetarian juga menyediakan banyak nutrisi,

Mulai dari vitamin A yang baik untuk penglihatan dan inflamasi, vitamin C untuk antioksidan, vitamin E untuk kesehatan jantung, vitamin K untuk kesehatan darah dan tulang, hingga serat untuk pencernaan dan kesehatan jantung.

Sementara nutrisi tersebut bisa ditemukan pada mie yang terbuat dari sayur-sayuran dan tidak bisa ditemukan pada pasta. Mie sayuran biasanya dibuat dari olahan sayuran seperti ubi, brokoli, dan wortel. Mie seperti ini sekarang sudah banyak ditawarkan di pasaran.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT