ADVERTISEMENT

Rahasia Umur Panjang Orang Jepang, Ternyata Ini 5 Trik Masak Sehatnya

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 08 Sep 2022 05:00 WIB
Rahasia Umur Panjang Orang Jepang, Ternyata Ini 4 Trik Masak Sehatnya.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Orang Jepang dikenal berumur panjang. Ternyata ini tak hanya karena pola makan, tetapi juga karena cara masak yang berbeda. Ini rahasianya!

Jepang tak hanya dikenal sebagai negara maju, tapi juga negara dengan penduduknya yang makmur. Terlebih, rata-rata penduduk Jepang memiliki umur yang cukup panjang.

Laporan yang diterbitkan secara digital oleh Bank Dunia pada tahun 2022 menunjukkan bahwa angka harapan hidup orang Jepang rata-rata mencapai umur sekitar 85 tahun. Hal ini menjadikan Jepang sebagai negara dengan tingkat harapan hidup tertinggi.

Pola makan orang Jepang yang sehat adalah salah satu faktornya. Mereka suka makan sayur, minum teh, hingga sering jalan kaki.

Lebih spesifik lagi, ternyata orang Jepang juga memperhatikan cara masak mereka. Mereka menggunakan beberapa rahasia memasak yang bisa menambah umur lebih panjang.

Merangkum Times of India (05/09), berikut 5 cara memasak orang Jepang yang membuat mereka berumur panjang:

1. Mengenal Teknik Masak Orang Jepang

Orang Jepang memiliki 4 teknik masak berbeda yang didasari oleh kesederhanaan. Mereka tidak bergantung pada pemakaian banyak saus dan rempah ataupun teknik memasak yang rumit.

Cara masak orang Jepang lebih sederhana dengan menggunakan bahan-bahan yang lebih alami. Mereka juga kerap memanfaatkan bahan makanan yang difermentasi.

2. Musu

Rahasia Umur Panjang Orang Jepang, Ternyata Ini 4 Trik Masak Sehatnya.Musu menjadi cara kuno tetapi populer dalam memasak makanan, yang akan memastikan rasa asli dan aroma tetap dipertahankan meskipun makanan dimasak dalam panci tertutup. Foto: Getty Images

Musu adalah teknik kukus yang akan membuat makanan lebih sehat. Musu menjadi cara kuno tetapi populer dalam memasak makanan, yang akan memastikan rasa asli dan aroma tetap dipertahankan meskipun makanan dimasak dalam panci tertutup.

Musu juga dikenal dengan sebutan 'one pot cooking' atau memasak dalam satu panci. Cara masak ini melibatkan penambahan semua bahan dalam panci dan memasaknya dengan api sedang hingga tinggi, sehingga banyak uap dari hasil masakan yang keluar.

Metode seperti inilah yang menjadi salah satu rahasia sehat orang Jepang, namun seiring berjalannya waktu, metode masak one pot cooking telah bergeser ke metode pengukusan yang juga memastikan bahwa produksi uap cukup untuk memasak makanan.

Biasanya metode ini digunakan untuk membuat masakan dengan bahan dasar mie/nasi dan campuran daging, ikan, sayuran, atau makanan laut yang membutuhkan banyak panas dan uap untuk mempertahankan jus alaminya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT