ADVERTISEMENT

Kolesterol Tinggi? Coba Konsumsi 5 Minuman Sehat Ini

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 09 Sep 2022 07:00 WIB
Kolesterol Tinggi? Coba Konsumsi 5 Minuman Sehat Ini
Foto: Getty Images
Jakarta -

Tak hanya makanan, ternyata ada juga minuman sehat yang mampu mengontrol kadar kolesterol tinggi. Berikut daftarnya.

Kolesterol sebenarnya diperlukan tubuh untuk membuat sel dan hormon. Tetapi dalam jumlah banyak, kolesterol bisa menyempitkan bahkan menyumbat arteri. Hasil akhirnya akan menyebabkan pembekuan darah.

Kondisi ini akan membahayakan tubuh. Karena pembekuan darah itu bisa membuat jantung memompa lebih keras sehingga jantung bisa menjadi lemah dan menyebabkan penyakit stroke.

Untuk mengatasinya, coba terapkan gaya hidup sehat, termasuk makan dan minum yang lebih sehat, tidur lebih cukup, dan juga olahraga.

Mungkin beberapa orang yang ingin mengurangi atau mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, hanya fokus terhadap pengaturan makanan saja.

Namun sejatinya, minuman yang kita konsumsi juga harus diperhatikan. Ada beberapa minuman sehat yang bermanfaat mengatur kadar kolesterol tubuh.

Merangkum Times of India (06/09), berikut 5 minuman untuk menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol:

1. Jus Tomat

Kolesterol Tinggi? Coba Konsumsi 5 Minuman Sehat IniTak hanya dimakan utuh, buah ini juga bisa diolah menjadi jus segar. Jus tomat dikenal menjadi sumber kaya serat yang baik untuk menurunkan kolesterol. Foto: Getty Images

Tomat dikenal sebagai makanan yang mengandung berbagai nutrisi penting. Buah ini memiliki sumber senyawa signifikan, yaitu likopen yang akan membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (Low density lipoprotein).

Tak hanya dimakan utuh, buah ini juga bisa diolah menjadi jus segar. Jus tomat dikenal menjadi sumber kaya serat yang baik untuk menurunkan kolesterol.

Sebelumnya pernah dilakukan penelitian pada tahun 2015, menemukan bahwa 25 wanita berusia 20-30 tahun dengan indeks massa tubuh minimal 20 yang minum 280 ml jus tomat setiap hari selama 2 bulan, mengalami penurunan kadar kolesterol dalam darah mereka.

Cobalah mulai rutin minum jus tomat setiap hari untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tersebut.

2. Susu Kedelai

Kolesterol Tinggi? Coba Konsumsi 5 Minuman Sehat IniKedelai menjadi makanan yang rendah akan lemak jenuh, sehingga susu kedelai bisa menjadi pengganti susu tinggi lemak agar kadar kolesterol bisa dikelola dengan lebih baik. Foto: Getty Images

Bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan menyukai susu, mulai sekarang bisa mengganti asupan susu sapi menjadi susu kedelai.

Kedelai menjadi makanan yang rendah akan lemak jenuh, sehingga susu kedelai bisa menjadi pengganti susu tinggi lemak agar kadar kolesterol bisa dikelola dengan lebih baik.

Tak hanya untuk mengatur kadar kolesterol, susu kedelai juga sehat untuk jantung.

Seperti yang direkomendasikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), untuk mengonsumsi 25 gram protein dari kedelai per hari, sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol, dan untuk mengurangi risiko penyakit jantung.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Santan Dipanaskan Berulang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT