ADVERTISEMENT

Lakukan 5 Kebiasaan Ngemil Sehat untuk Cegah Gula Darah Tinggi

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 06 Sep 2022 06:00 WIB
Apa Itu Diet Telur Rebus? Ini 5 Aturan dan Faktanya
Foto: Getty Images/iStockphoto/junpinzon
Jakarta -

Banyak orang alami masalah gula darah tinggi alias hiperglikemia. Untuk mengatasinya, coba terapkan 5 kebiasaan ngemil sehat ini saat ingin makan disela-sela waktu makan utama.

Penyakit gula darah tinggi terjadi karena tingkat gula dalam darah seseorang terlalu tinggi. Mengutip detikhealth, kondisi ini biasanya terjadi saat tubuh memiliki terlalu sedikit insulin (hormon yang mengangkut glukosa ke dalam darah) atau tubuh tak dapat menggunakan insulin dengan benar.

Kondisi ini juga kerap dikaitkan dengan penyakit diabetes. Jika tak diatasi, gula darah tinggi bisa memicu masalah kesehatan lain seperti kerusakan saraf dan bahkan risiko serangan jantung.

Untuk mengatasi gula darah tinggi, seseorang perlu mengatur pola makannya. Dalam urusan ngemil, tak boleh sembarangan melahap makanan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar gula darah tak melonjak.

Kepada Eat This, Not That! (1/9), ahli gizi kembar, Lyssie Lakatos dan Tammy Lakatos Shames membeberkan kebiasaan ngemil sehat untuk mereka penderita gula darah tinggi. Cara ini bisa dipraktekkan mulai dari sekarang karena secara umum juga bagus untuk kesehatan.

Berikut 5 daftarnya:

1. Ngemil banyak buah dan sayur

Camilan sehat sejatinya adalah bahan makanan alami dan segar, seperti ragam buah dan sayur. Ada beberapa jenis buah dan sayur yang baik dikonsumsi demi cegah gula darah tinggi, menurut situs Diabetes UK.

Daftarnya antara lain apel, anggur, dan bayam. Kamu juga bisa mengonsumsi brokoli, jeruk, alpukat, hingga buah berry sebagai pilihan. Tak perlu takut akan manisnya buah karena gula pada buah adalah jenis gula alami yang tak perlu dikhawatirkan.

Sebaliknya, hindari produk buah dan sayur olahan karena biasanya kerap tinggi gula. Produk tersebut misalnya jus buah kemasan dan smoothies buah dan sayur siap minum.

2. Minum teh hijau

Ini 7 Manfaat Sehat Minum Teh Hijau Campur MaduFoto: iStock

Teh hijau tak hanya bagus untuk menurunkan berat badan, tapi juga atasi gula darah tinggi. Lyssie dan Tammy mengungkap hal ini karena kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) dan senyawa bermanfaat lainnya pada teh hijau.

Mereka menyarankan untuk minum teh hijau sebagai pendamping camilan. Keduanya menjelaskan, konsumsi teh hijau secara teratur telah terbukti membantu menurunkan gula darah puasa. Selain itu, kadar hemoglobin A1c (HbA1c) yang merupakan penanda kontrol gula darah jangka panjang juga akan menurun.

3. Kurangi camilan tinggi garam dan gula

Camilan tinggi garam dan gula seperti keripik kentang, sereal, yogurt kemasan, dan biskuit sebaiknya tak dikonsumsi. Memakannya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke yang mana, orang dengan masalah gula darah tinggi sebenarnya sudah punya risiko terkena penyakit tersebut.

Karenanya hindari menambahkan risiko itu. Usahakan tidak mengonsumsi garam lebih dari 6 gram (1 sendok teh) per hari. Coba baca teliti informasi nutrisi tiap makanan kemasan yang dilahap agar terhindar dari jenis camilan tak sehat ini.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT