ADVERTISEMENT

Kamu Perlu Tahu! Ini 4 Efek pada Tubuh Jika Rutin Makan Nasi Putih

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 30 Agu 2022 08:00 WIB
Hanya Boleh Makan Nasi dan Air Putih, Pengantin Pingsan dan Kelaparan Karena Puasa Mutih
Foto: Getty Images/iStockphoto/vm2002
Jakarta -

Nasi putih adalah makanan pokok orang Indonesia yang dikonsumsi setiap hari. Kalau rutin mengongumsinya, tubuh dapat bisa mendapatkan 4 efek ini.

Sebagai makanan pokok, nasi putih kerap disantap bersama aneka lauk. Seperti ayam goreng, sayur, dan sambal. Selain itu nasi juga diolah nasi goreng, nasi uduk, hingga nasi kuning yang sedap rasanya.

Dilansir dari Cook Channel (15/8), konsumsi nasi putih memiliki efek pada tubuh. Bisa berupa manfaat kesehatan yang baik maupun efek negatif. Belakangan bahkan muncul pola makan tanpa nasi putih yang populer dijalani banyak orang.

Baca Juga: Bisa Seduh Kopi Nikmat Tanpa Mesin, Begini Caranya!

Berikut 4 efek yang dirasakan tubuh jika rutin konsumsi nasi putih.

1. Menambah Energi

Hanya Boleh Makan Nasi dan Air Putih, Pengantin Pingsan dan Kelaparan Karena Puasa Mutihnasi putih Foto: Getty Images/iStockphoto/vm2002

Tubuh makin berenergi kalau mengonsumsi sumber karbohidrat. Menurut ahli diet Manaker, nasi putih adalah salah satu makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Beberapa jenis nasi putih juga dipercaya mengandung vitamin B kompleks yang dapat membantu menjaga tingkat energi seseorang. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian dalam jurnal Nutrients, kalau vitamin B terlibat dalam penciptaan energi di dalam sel setidaknya dalam satu fase.

Oleh karena itu, ahli diet merekomendasikan utnuk mengonsumsi nasi putih. Meskipun sejumlah orang menghindarinya karena dinilai mengandung kalori tinggi sekitar 130 kcal dalam 100 gram. Setidaknya mengonsumsi nasi putih dalam porsi kecil.

2. Kontaminasi Arsenik

Menurut Manaker, arsenik adalah elemen jejak yang bila tertelan secara teratur dan dalam jumlah yang signifikan, dapat menyebabkan berbagai hasil yang tidak menguntungkan bagi kesehatan seseorang.

"Arsenik telah ditemukan dalam beras, jadi jika kamu memakan biji-bijian ini, ada kemungkinan kamu juga akan mengonsumsi unsur ini," jelasnya.

Meskipun nasi putih memiliki kandungan arsenik yang lebih rendah daripada nasi merah, namun tetap penting untuk membatasi konsumsinya dan mencoba jenis biji-bijian lain. Seperti quinoa, biji-bijian alternatif yang memiliki kandungan arsenik paling rendah dan layak untuk dicoba.

Baca Juga: 4 Sambal Andalan Topping Rice Bowl, Sambal Bawang hingga Matah



Simak Video "Bikin Laper: Berburu Kuliner Malam di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT