ADVERTISEMENT

7 Makanan Pantangan Penderita Asam Urat dan Makanan yang Disarankan

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Rabu, 07 Sep 2022 05:00 WIB
Womans leg hurts, pain in the foot, massage of female feet at home
Foto: iStock
Jakarta -

Penyakit asam urat tak bisa disepelekan. Penderitanya perlu menghindari konsumsi makanan pemicu asam urat agar terhindar dari gejala nyeri yang tidak diinginkan.

Asam urat adalah penyakit yang jamak dialami pria, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun. Meski begitu, wanita juga bisa mengalami penyakit ini, terutama mereka yang sudah menopause.

Asam urat menyebabkan gejala nyeri hebat, pembengkakan, hingga rasa panas di area persendian. Mengutip Halodoc, umumnya sendi yang terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Asam urat bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Dalam urusan makan pun, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari penderita asam urat.

Berikut 4 makanan pantangan penderita asam urat:

1. Seafood hingga jeroan sapi

Resep Kerang Dara Saus PadangFoto: iStock

Penyakit asam urat erat kaitannya dengan kandungan purin. Sebisa mungkin batasi atau bahkan hindari makanan sumber purin untuk mencegah lamanya serangan asam urat, serta risiko kambuhnya.

Mengutip Very Well Health, sebuah studi tahun 2014 mengungkap asupan purin akut terbukti meningkatkan risiko serangan asam urat berulang hampir 5 kali lipat pada orang dengan asam urat. Karenanya sangat penting menghindari makanan tinggi purin.

Makanan itu antara lain seafood seperti ikan tuna, kerang, dan ikan sarden. Lalu ada juga buah dan jus tinggi gula, sirup jagung tinggi gula, hingga jeroan sapi atau ayam.

2. Minuman soda dan minuman energi

Fruktosa sejatinya gula alami yang terkandung dalam beberapa makanan, termasuk buah. Tapi fruktosa juga bisa dibuat dan ditambahkan ke berbagai produk makanan.

Penelitian mengungkap konsumsi fruktosa, termasuk sirup jagung fruktosa tinggi yang ditambahkan pada berbagai makanan dan minuman, bisa meningkatkan kadar asam urat.

Pakar kesehatan merekomendasikan pasien asam urat menghindari makanan dan minuman tinggi fruktosa. Produk populernya antara lain minuman ringan, minuman soda, minuman olahraga, dan minuman energi.

3. Makanan kalengan

makanan kalenganFoto: iStock

Konsumsi makanan kalengan tidak disarankan karena mengandung ragi dan ekstrak ragi yang sifatnya tinggi purin. Begitupun pada produk makanan beku, kecap asin, dan camilan ringan tinggi garam.

Semua produk ini bisa memperparah gejala asam urat pada penderitanya. Karenanya kalau tak mau nyeri sendi makin parah, batasi ketat konsumsi jenis makanan ini.

4. Minuman alkohol

Pakar kesehatan sangat tidak menyarankan konsumsi minuman alkohol pada penderita asam urat. Sejak lama penyakit ini dikaitkan dengan asupan minuman alkohol.

Mengonsumsinya sering bisa menyebabkan menyebabkan hiperurisemia kronis, meningkatkan risiko asam urat dan serangan asam urat. Karena itu, disarankan untuk menghindari alkohol sama sekali, termasuk bir dan minuman keras lainnya.

Tapi ada sedikit kabar baik untuk pencinta wine. Penelitian terbaru menyebut, wine jika dikonsumsi tak berlebihan dan dengan makanan, mungkin tidak berkontribusi pada peningkatan risiko asam urat.

Lalu apa makanan yang disarankan untuk penderita asam urat? Berikut 3 daftarnya:

Klik halaman selanjutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Kulineran Malam di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT