ADVERTISEMENT

Meski Sudah Kedaluwarsa, 6 Makanan Ini Masih Aman Dikonsumsi

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 06 Mar 2022 16:00 WIB
Makanan Kedaluwarsa yang Masih Aman Dikonsumsi
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Produk makanan umumnya memiliki keterangan waktu kedaluwarsa. Meski sudah lewat dari tanggal kedaluwarsa, ada beberapa makanan yang masih aman dikonsumsi.

Produk makanan kemasan yang biasa ditawarkan oleh minimarket atau supermarket pasti memiliki label keterangan. Mulai dari keterangan nutrisi, komposisi, hingga waktu kedaluwarsa.

Setiap orang dianjurkan memerika label kedaluwarsa sebelum membeli produk makanan. Agar mendapatkan kualitas produk makanan yang terbaik.

Dilansir Bright Side (4/3), ada beberapa makanan yang masih aman dikonsumsi walaupun sudah melewati waktu kedaluwarsa. Di antaranya adalah telur, mentega, hingga biskuit.

Baca Juga: Arief Muhammad Tanya Cara Makan Nasi Padang, 5 Seleb Ini Ikut Berdebat

Berikut 6 makanan yang aman dikonsumsi meski sudah kedaluwarsa.

1. Telur

Makanan Kedaluwarsa yang Masih Aman DikonsumsiMakanan Kedaluwarsa yang Masih Aman Dikonsumsi Foto: Getty Images/iStockphoto

Telur yang ditawarkan di minirmarket atau supermarket biasanya dikemas menggunakan mika plastik atau kemasan karton. Pada kemasannya tak hanya berisikan informasi soal produk telur, tapi juga waktu kedaluwarsa.

Telur dapat bertahan awet dalam kulkas selama 3-5 minggu. Namun jika waktu kedaluwarsa sudah berakhir, bukan berarti telur tidak bisa dikonsumsi. Ada beberapa telur yang masih bertahan walaupun sudah melewati batas kedaluwarsa.

Untuk mengeceknya, kamu bisa langsung memecahkan telur ke dalam mangkuk. Periksalah warna dan baunya, jika tidak memiliki tanda perubahan maka masih bisa dikonsumsi.

2. Mentega

Mentega umumnya dipakai untuk menumis atau memanggang makanan. Karena penggunaannya sedikit, maka sering disimpan di dalam kulkas agar tidak meleleh.

Terkadang banyak orang lupa kalau menyimpan mentega di dalam kulkas sampai produknya kedaluwarsa. Meski begitu, mentega masih aman dikonsumsi 2-3 bulan setelah masa kedaluwarsa habis. Mentega dapat bertahan lama karena kandungan laktosanya yang rendah.

3. Susu

Makanan Kedaluwarsa yang Masih Aman DikonsumsiMakanan Kedaluwarsa yang Masih Aman Dikonsumsi Foto: Getty Images/iStockphoto

Susu merupakan salah satu produk minuman yang waktu kedaluwarsanya tak begitu lama. Namun susu termasuk produk yang aman dikonsumsi, meski sudah melewati batas kedaluwarsa.

Ternyata susu masih aman dikonsumsi setelah lewat 1 minggu kedaluwarsa. Perhatikan kondisinya, kalau tidak tercium aroma menyengat maka masih bisa dikonsumsi. Kalau sudah agak asam, kamu tetap bisa menggunakannya untuk memasak dan baking.

Baca Juga: Getok Harga Karena Terjebak, Wanita Ini Bayar Mie Rp 200 Ribu Semangkuk



Simak Video "Berburu Sate Susu, Santapan Buka Puasa Khas Kampung Jawa di Bali"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT