Getok Harga Karena Terjebak, Wanita Ini Bayar Mie Rp 200 Ribu Semangkuk

Devi Setya - detikFood
Kamis, 03 Mar 2022 14:00 WIB
Mie Rp 200 Ribu Semangkuk
Foto: world of Buzz
Jakarta -

Kejadian getok harga kembali terjadi, kali ini korbannya adalah seorang wanita yang lupa menanyakan harga sebelum memesan makanan. Ia akhirnya harus membayar Rp 200 ribu untuk menu mie.

Sebelum memesan makanan sebaiknya menanyakan harga untuk menu yang ditawarkan. Karena sudah banyak korban getok harga yang harus membayar mahal untuk makanan yang dipesan.

Kejadian getok harga pun kembali terjadi, seorang wanita memesan semangkuk mie ikan tanpa menanyakan harga menu ini lebih dulu. Ketika hendak membayar, ia kaget karena harga makanannya sangat mahal.

Mie Rp 200 Ribu SemangkukMie Rp 200 Ribu Semangkuk Foto: world of Buzz

Dilansir dari World of Buzz (3/3) seorang wanita Malaysia mendatangi kedai kopi dan memesan semangkuk mie kuah dengan topping ikan pada 25 Februari 2022. Semangkuk mie ikan hangat ini langsung dilahap hingga habis.

Ketika ia sudah selesai makan dan hendak membayar, ia kaget dengan total tagihannya. Semangkuk mie ikan ini harganya RM 60 atau setara Rp 205 ribu. Melihat jumlah harga yang selangit, dia tidak langsung membayar tetapi bertanya mengapa harganya begitu tinggi.

Pemilik restoran menjelaskan soal harga mie yang mahal ini. Ia beralasan menggunakan ikan patin yang harganya RM 190 (Rp 961 ribu) per kilogram.

Karena tak bisa mengelak, akhirnya wanita ini tetap membayar mie yang sudah dimakannya ini. Ia juga menyalahkan diri sendiri karena tidak bertanya dulu soal harga makanan yang dipesan.

Kisah getok harga yang dibagikan lewat Facebook ini mengundang perhatian banyak orang. Netizen menuding sang pemilik kedai ini bukan orang yang jujur karena seolah menjebak pelanggan.

"Apa maksudmu tidak menanyakan harganya? Bukankah seharusnya ada menu atau daftar harga di suatu tempat? Jadi jika pelanggan tidak menanyakan harganya maka tidak apa-apa untuk membebankan harga yang keterlaluan?" kata netizen.

"Kalau begitu, jika kamu makan semangkuk mie ini di restoran kelas atas, harganya mungkin RM600! Tempat ini 80% penipuan! Ada banyak pedagang yang tidak bermoral di mana-mana. Jadi jika kamu tidak melihat harganya , Anda harus mengkonfirmasi dengan penjual untuk menghindari penipuan!" beber netizen lainnya.

Banyak juga yang menanyakan soal harga ikan patin di pasaran. Mereka penasaran, apakah ikan ini memang benar-benar mahal.

Mie Rp 200 Ribu SemangkukMie Rp 200 Ribu Semangkuk Foto: world of Buzz

"Satu bungkus daging ikan patin kurang dari RM10 (Rp 34 ribu) untuk 1 kilogram, jadi tidak mungkin harga asli mie ini RM 60 (Rp 205 ribu). Apalagi 1 kg daging ikan bisa digunakan untuk membuat beberapa mangkuk mie," sahut netizen.

Ada juga yang menjelaskan soal jenis ikan patin yang dijual di pasaran.

"Patin itu banyak macamnya. Patin dari tambak, harganya tidak akan melebihi RM20 (Rp 68 ribu) per kilogram. Jika ditangkap dari alam liar, harga 1kg bisa lebih mahal dan tergantung varietasnya juga. Tetapi jarang bagi restoran untuk menggunakan jenis patin liar karena harganya mahal. "

Kasus getok harga sudah sering terjadi. Sebelumnya pernah ada kasus getok harga di Indonesia. Pelanggan yang makan di warung seafood kawasan Muara Angke, Jakarta Utara ditagih biaya makan hampir Rp 1 juta.

Pelanggan ini memesan menu ikan bakar kerapu yang dibanderol seharga Rp 130.000, ikan bakar kue seharga Rp 130.000, seporsi udang tiger goreng seharga Rp 250.000, seporsi kerang dara Rp 90.000, lalapan Rp 7.000, cah kangkung Rp 20.000.

Seporsi cumi Rp 170.000, 4 es jeruk seharga Rp 60.0000 dan 1 es teh manis seharga Rp 7.000. Total dari pemesanan tersebut pun mencapai Rp 914.000.



Simak Video "Sensasi Menikmati Mie Pangsit Ijo di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)