Hampir Tertipu! Pelanggan Beli Ikan Salmon 296 gram, Ternyata Beratnya Segini

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 13 Feb 2022 10:00 WIB
Hampir Tertipu! Pelanggan Beli Ikan Salmon 296 gram, Ternyata Beratnya Segini
Foto: Mothership
Jakarta -

Salah memberikan label, salmon seberat 176 gram ini dilabeli dengan berat 296 gram. Pihak supermarket lantas memberikan klarifikasi yang sebenarnya.

Kesalahan dalam pekerjaan mungkin saja terjadi tanpa diinginkan. Tetapi beberapa kesalahan mungkin saja berdampak fatal dan memberikan kerugian pada pihak lain yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut.

Terlebih ketika suatu pekerjaan berkaitan dengan kepuasan konsumen dan pelanggan. Baik itu pada restoran maupun bagian penjualan bahan makanan di supermarket.

Hal ini terjadi di sebuah supermarket yang menjual berbagai kebutuhan bahan makanan sehari-hari di Singapura. Salah memasang label pada sepotong ikan salmon, begini klarifikasi yang disampaikan oleh pihak supermarket.

Baca juga: Kena Getok Harga, Netizen Bayar Rp 250 Ribu untuk Makan Angkringan

Hampir Tertipu! Pelanggan Beli Ikan Salmon 296 gram, Ternyata Beratnya SeginiMembeli ikan salmon di supermarket, pelanggan ini memilih ikan salmon seberat 296 gram yang dibanderol Rp 97 ribu. Foto: Mothership

Mengutip Mothership (9/2), sebuah video memperlihatkan bagaimana timbangan sepotong salmon yang salah diberikan label. Terjadi di supermarket bernama FairPrice, warga Singapura dibuat geger dengan perbedaan label dan berat asli salmon yang cukup jauh.

Label yang tertera pada kemasan salmon menunjukkan berat 296 gram dengan harga jual $9.15 atau setara dengan Rp 97 ribu. Tetapi setelah ditimbang ulang, kemasan salmon yang sama hanya memiliki berat 176 gram.

Tentunya selisih berat yang mencapai 120 gram ini memiliki harga yang juga jauh berbeda. Jika tidak teliti tentunya akan ada pelanggan yang mengalami kerugian atas kesalahan berat salmon tersebut.

Ikan salmon seberat 176 gram ini harusnya dibanderol dengan harga Rp 57 ribu. Menanggapi video yang beredar tersebut, pihak FairPrice akhirnya memberikan tanggapan sekaligus klarifikasi.

Baca juga: 7 Penyajian Aneh di Restoran Ini Bikin Tamu Malas Makan

Hampir Tertipu! Pelanggan Beli Ikan Salmon 296 gram, Ternyata Beratnya SeginiSetelah ditimbang ulang ternyata beratnya hanya 176 gram. Terkait hal tersebut supermarket penjual ikan salmon langsung memberikan klarifikasi. Foto: Mothership

Menurut juru bicara dari FairPrice yang ada di Ang Mo Kio Hub, Singapura, hal ini terjadi akibat human error atau kesalahan manusia yang dilakukan oleh salah satu pekerja. Juru bicara FairPrice juga mengaku sudah menghubungi pelanggan yang mengalami kerugian tersebut demi melakukan investigasi yang mendalam.

FairPrice juga mengatakan bahwa seluruh toko FairPrice sudah diawasi dan dikalibrasi timbangannya sesuai dengan sertifikasi yang berlaku. Secara berkala mereka juga selalu memeriksa ketepatan timbangan terhadap bahan-bahan yang diletakkan di atasnya.

Ternyata kejadian seperti ini bukan kali pertama yang pernah dialami oleh pelanggan FairPrice. Sebelumnya ada pelanggan yang juga mengeluhkan atas jumlah ayam segar yang dibelinya di salah satu toko FairPrice.

Melihat label ayam tanpa tulang seberat 224 gram, ternyata wanita ini menemukan kesalahan label saat tiba di rumah. Ditimbang ulang berat ayam yang dibelinya, ia melihat timbangan di rumahnya hanya menunjukkan berat 165 gram saja.

Hingga saat ini kesalahan penempelan label tersebut masih terus ditelusuri dan diinvestigasi lebih lanjut.

Baca juga: Hati-hati! 4 Kebiasaan Minum Ini Bisa Tingkatkan Risiko Pikun



Simak Video "Warga Polewali Mandar Pesta Durian: Makan Sepuasnya Gratis!"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)