7 Makanan Ini Picu Produksi Keringat, Jangan Dimakan Berlebihan

ADVERTISEMENT

7 Makanan Ini Picu Produksi Keringat, Jangan Dimakan Berlebihan

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 06 Sep 2022 11:00 WIB
7 Makanan Ini Picu Produksi Keringat, Jangan Dimakan Berlebihan.
Foto: Getty Images

4. Makanan dan Minuman Panas

7 Makanan Ini Picu Produksi Keringat, Jangan Dimakan BerlebihanMakan atau minum panas dapat meningkatkan suhu internal dan memicu tubuh untuk mendinginkannya dengan cara mengeluarkan keringat. Foto: Getty Images

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, makanan dan minuman panas juga bisa menyebabkan tubuh berkeringat.

Menurut International Hyperhidrosis Society, makan atau minum panas dapat meningkatkan suhu internal dan memicu tubuh untuk mendinginkannya dengan cara mengeluarkan keringat.

Dan jika suhu diluar tubuh sudah panas, maka seseorang yang menyantap makanan panas di cuaca yang terik, kemungkinan akan membuatnya berkeringat lebih banyak lagi.

5. Cokelat

Cokelat menjadi makanan yang enak disantap sebagai camilan. Tetapi tampaknya cokelat tidak bisa dikonsumsi terlalu banyak.

Tak hanya karena efek samping dari kandungan gulanya, tetapi cokelat juga bisa membuat kelenjar keringat menjadi lebih banyak.

Hal ini disebabkan karena cokelat mengandung kafein. Terutama pada dark chocolate yang memiliki kafein lebih besar dibandingkan milk chocolate.

Contohnya dark chocolate spesial Hershey memiliki kafein 25 miligram, sementara milk chocolate Hershey memiliki 10 miligram kafein.

Stimulan pada cokelat itulah yang bisa meningkatkan respon keringat. Tetapi ini tentu tergantung dari variasi cokelat yang dimakan.

6. Makanan Asin

Sering Ngidam Makanan Asin? Ini 5 Penyebab dan Cara Cegahnya.Salah satu alasan potensialnya karena makanan asin tinggi akan kandungan sodium. Menurut Peconic Bay Medical Center, sodium yang tinggi itu dapat mengubah aliran darah dan membuat jantung berdebar kencang.Foto: Getty Images

Makanan asin banyak digemari karena rasanya yang gurih dan nagih. Tetapi makanan ini bisa menyebabkan situasi berkeringat juga.

Salah satu alasan potensialnya karena makanan asin tinggi akan kandungan sodium. Menurut Peconic Bay Medical Center, sodium yang tinggi itu dapat mengubah aliran darah dan membuat jantung berdebar kencang.

Ini berarti jantung akan memompa lebih keras dari biasa, yang membutuhkan tubuh menggerakkan lebih banyak energi. Kondisi inilah yang membuat kita berkeringat.

Namun ada juga teori yang menyebutkan bahwa terlalu banyak makan makanan asin akan membuat tubuh mencoba membuang kelebihan garam itu melalui keringat.

7. Daging

Sebagian orang menyukai daging karena kandungan proteinnya yang tinggi. Bahkan mereka yang sedang diet pun memasukkan daging ke dalam menu makanan sehari-hari.

Tetapi daging juga bisa menggerakkan kelenjar keringat. Menurut ahli diet Sauceda, ini karena protein hewani membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna, dibandingkan dengan makanan lain.

Beberapa orang juga mungkin menemukan bahwa mereka lebih rentan berkeringat ketika menyantap daging. Mereka seperti merasa kesulitan mencerna daging sehingga mengalami efek samping yang ditandai dengan keringat.



Simak Video "Menyantap Rujak Cingur dengan Suasana Seperti di Rumah Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]

(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT