ADVERTISEMENT

10 Makanan Sumber Vitamin C yang Enak dan Mudah Didapat

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Sabtu, 03 Sep 2022 05:00 WIB
sandwich paprika
Foto: iStock
Jakarta -

Vitamin C diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Alih-alih mengonsumsi suplemen, coba rutin makan 10 makanan sumber vitamin C ini. Mudah didapat dan rasanya enak. Apa saja daftarnya?

Pandemi Covid-19 memang sudah mereda, namun menjaga kesehatan tetap perlu dilakukan. Salah satunya dengan memastikan tubuh mendapat asupan vitamin C yang cukup.

Jenis vitamin ini punya fungsi penting dalam menjaga daya tahan tubuh, memelihara jaringan, hingga menjaga kesehatan jantung. Tiap hari, wanita dianjurkan mengonsumsi 70 mg vitamin C, sedangkan pria sebanyak 96 mg.

Tak perlu bingung mencari sumber vitamin C, makanan enak ini bisa jadi pilihan. Mengonsumsinya setiap hari baik untuk kesehatan.

Berikut 10 makanan sumber vitamin C tertinggi seperti dikutip dari Yardbarker melalui MSN (2/9):

1. Paprika

Paprika dikenal sebagai sayuran warna-warni pelengkap hidangan. Di balik tampilannya yang cantik, paprika punya segudang manfaat sehat karena tinggi kandungan vitamin C.

Kandungan ini berbeda antarwarna paprika. Pada paprika hijau, per buahnya bisa mengandung 95 mg vitamin C. Pada paprika merah, 152 mg vitamin C dan pada paprika kuning mengandung hingga 341 mg vitamin C.

2. Brokoli

Manfaat Sehat Brokoli untuk TubuhFoto: Getty Images/iStockphoto

Brokoli jadi sayuran favorit pelaku hidup sehat. Rasanya yang cenderung tawar enak dipadukan ke beragam hidangan. Sementara teksturnya yang renyah amat puaskan selera.

Dalam 1 cup brokoli (91 gram) mengandung sekitar 100 mg vitamin C. Nilai ini mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian seseorang. Brokoli gampang diolah, bisa dikukus atau ditumis untuk mempertahankan nutrisinya secara maksimal.

3. Cantaloupe

Cantaloupe atau populer disebut melon oranye di Indonesia juga termasuk makanan sumber vitamin C. Teksturnya renyah dengan rasa manis yang enak.

1 cup cantaloupe (160 gram) mengandung sekitar 65 mg vitamin C. Bonus lainnya, buah ini juga mengandung vitamin A dan potassium. Kamu bisa mengonsumsi cantaloupe sebagai buah potong ataupun dijadikan isian salad.

4. Kembang kol

Kembang Kol Warna WarniFoto: iStock

Selain brokoli, kembang kol juga termasuk makanan sumber vitamin C yang bisa diandalkan. Tiap 1 cup kembang kol (107 gram) menyediakan lebih dari 50 mg vitamin C.

Kembang kol banyak dipakai dalam bentuk utuh sebagai bahan tumis sayuran hingga topping pizza. Uniknya lagi, kini hadir alternatif nasi berbahan kembang kol untuk mengonsumsinya dengan lebih mudah.

5. Cabe

Kabar baik untuk orang Indonesia yang gemar makan pedas. Cabai atau cabe adalah salah satu makanan sumber vitamin C andalan. Dari dua jenis cabe populer yaitu hijau dan merah, punya kandungan vitamin C berbeda.

Cabe hijau mengandung lebih banyak vitamin C yaitu sekitar 109 mg. Sedangkan pada cabe merah, vitamin C-nya ada di kisaran 65 mg.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Kulineran Malam di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT