ADVERTISEMENT

Ladies! Ini 7 Makanan Enak yang Bikin Miss V Wangi dan Sehat

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 23 Agu 2022 07:00 WIB
Miss V
Foto: Getty Images/iStockphoto/tumsasedgars
Jakarta -

Mengonsumsi makanan sehat bisa bikin vagina alias Miss V wanita turut sehat. Ada beberapa makanan yang disarankan para ahli untuk dikonsumsi rutin. Ini daftarnya.

Kesehatan vagina perlu dijaga wanita agar tidak berbau menyengat dan terhindar dari penyakit kelamin. Ciri vagina sehat antara lain tidak kering, aromanya tidak tajam, tidak gatal, dan tidak mengeluarkan cairan berwarna putih susu.

Selain membersihkannya dengan benar, kesehatan vagina bisa dijaga dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Jenis makanan ini juga bagus untuk kesehatan usus karena faktanya menurut peneliti, kesehatan usus berkaitan erat dengan kesehatan vagina.

Berikut 7 makanan enak yang bikin miss V wangi dan sehat, seperti dikutip dari Health Shots (22/8):

1. Yogurt

Bukan rahasia lagi kalau konsumsi yogurt sangat baik untuk kesehatan usus. Yogurt mengandung bakteri baik, lactobacillus bacteria yang secara alami ada di usus, saluran kemih, dan vagina.

Menurut penelitian tahun 2006 yang diterbitkan dalam Journal of Antimicrobial Chemotherapy, bakteri ini juga membantu mengembalikan keseimbangan bakteri yang sehat di vagina, sehingga mencegah infeksi jamur. Hasilnya, para wanita mendapat vagina sehat dan tidak beraroma menyengat.

2. Cranberry

buah cranberryFoto: Getty Images/iStockphoto/atoss

Sempat viral di TikTok, konsumsi jus cranberry konon bagus untuk kesehatan vagina. Faktanya memang benar, namun pastikan mengonsumsi jus buah yang asli, tanpa banyak bahan tambahan lain.

Ginekolog merekomendasikan minum jus cranberry pekat atau makan buah cranberry utuh untuk wanita yang alami Infeksi Saluran Kemih (IFK). Alasannya sederhana, karena cranberry mengandung antioksidan dan merupakan penangkal infeksi yang kuat. Selain itu, cranberry bersifat asam dan membantu menjaga pH vagina.

3. Nanas

Nanas sempat dicap buruk untuk vagina karena dianggap menyebabkan keputihan. Faktanya klaim tersebut tidak benar lantaran tak ada penelitian yang berhasil membuktikan kebenaran dari mitos tersebut.

Hal ini disampaikan dr Hari Nugroho,SpOG seperti dikutip dari situs resmi Kominfo. Ia menekankan penyebab keputihan yang paling utama adalah infeksi bakteri, jamur, dan virus.

Konsumsi nanas malah bagus untuk kesehatan vagina karena kaya vitamin C, vitamin B, dan serat. Bau menyengat pada vagina juga bisa dihindari dengan rutin makan nanas.

4. Apel

Woman eating fresh salad and fish at light tableFoto: Getty Images/iStockphoto/serezniy

Makanan enak untuk bikin Miss V sehat selanjutnya adalah apel. Dalam buah renyah manis ini terkandung phloridzin fitoestrogen dan antioksidan yang bisa merangsang alirah darah di vagina sehingga kondisinya tetap sehat dan segar.

Faktanya, sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan di PubMed Central menunjukkan bahwa senyawa ini juga mencegah perkembangan fibroid rahim dan membantu gairah seksual. Plus, makan apel juga dapat meningkatkan kemungkinan klimaks saat berhubungan seks.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Kulineran Malam di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT