ADVERTISEMENT

7 Makanan Ini Bantu Jaga Keseimbangan pH Vagina, Bikin Miss V Happy!

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 18 Agu 2022 05:00 WIB
7 Makanan Ini Bantu Jaga Keseimbangan pH Vagina, Bikin Miss V Happy!
Foto: Getty Images/Diane Labombarbe
Jakarta -

Keseimbangan pH vagina wajib dijaga agar vagina tetap sehat. Kadar pH yang seimbang juga membuat miss V memiliki aroma yang lebih segar.

Tidak hanya kebersihannya, keseimbangan pH pada vagina juga harus diperhatikan dengan baik. Vagina yang normal harus memiliki kadar pH antara 3,8 hingga 4,5.

Kadar pH pada vagina erat kaitannya dengan perkembangan bakteri. Semakin tinggi kadar vagina dalam kondisi normal maka kecenderungan bakteri berkembang lebih cepat juga semakin tinggi.

Untuk menjaga keseimbangan pH vagina bisa juga dilakukan dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang direkomendasikan oleh pakar kesehatan. Beberapa makanan yang disarankan juga bisa didapatkan dengan mudah dan enak rasanya.

Berikut ini 7 makanan yang baik untuk jaga keseimbangan pH vagina menurut Bedsider:

7 Makanan Ini Bantu Jaga Keseimbangan pH Vagina, Bikin Miss V Happy!Air mineral ampuh untuk menghidrasi tubuh hingga vagina. Foto: Getty Images/Diane Labombarbe

1. Air mineral

Walaupun terdengar sederhana, ternyata minum air mineral yang cukup bermanfaat banyak untuk tubuh. Termasuk efek positifnya terhadap area kewanitaan yang harus selalu dijaga kesehatannya.

Minum air mineral dan menjaga tubuh terhidrasi dengan baik dapat membantu vagina menyeimbangkan pHnya. Selain itu air mineral juga menjadi cara untuk memproduksi pelumas alami pada vagina.

2. Alpukat dan apel

Beberapa makanan mengandung lemak sehat dan serat yang tinggi baik untuk kesehatan tubuh. Misalnya seperti alpukat dan buah apel yang dipercaya dapat menjauhkan dokter dan menjaga tubuh selalu sehat.

Ternyata konsumsi apel dan alpukat juga memiliki manfaat terhadap keseimbangan pH miss V. Kedua buah ini disebut sebagai makanan yang dapat menjadi pelumas vagina secara alami.

3. Probiotik

Makanan tinggi probiotik seperti yogurt, selama ini dikenal berkhasiat untuk menjaga kesehatan bakteri baik di dalam usus. Tak hanya di dalam usus, probiotik juga membantu keseimbangan bakteri pada miss v.

Makanan-makanan tinggi probiotik yang disarankan misalnya seperti yogurt, kefir, kimchi, kombucha, acar dan sebagainya. Hal ini lantaran deretan makanan tersebut memiliki probiotik aktif yang baik untuk membantu keseimbangan pH.

Daftar makanan lain untuk menyeimbangkan pH pada vagina lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Berburu Kuliner Malam di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT