ADVERTISEMENT

5 Tips Makan Sehat untuk Penderita Diabetes Agar Insulin Terkendali

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 17 Agu 2022 05:00 WIB
5 Tips Makan Sehat untuk Penderita Diabetes Agar Insulin Terkendali
Foto: Getty Images/iStockphoto/JamesPearsell
Jakarta -

Fungsi pankreas yang berbeda membuat penderita diabetes harus menjaga pola makannya. Tips diet untuk penderita diabetes ini cocok untuk mengendalikan insulin.

Insulin merupakan hormon yang diproduksi oleh pankreas untuk membantu mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Pada penderita diabetes, insulin mengalami resistensi yang tidak dapat membuat glukosa diserap dengan baik oleh sel dan otot tubuh.

Kegagalan penyerapan glukosa ini yang dampaknya membuat kadar gula darah akan melonjak dan sangat berbahaya. Oleh karena itu, penderita diabetes diwajibkan untuk menjaga pola makan sehatnya agar tidak mengalami lonjakan gula darah yang drastis secara tiba-tiba.

Ahli gizi dan pakar kesehatan selalu menekankan bahwa untuk mengendalikan kadar insulin ini bisa dilakukan dengan beberapa pola makan khusus. Pola makan tersebut sangat direkomendasikan untuk diterapkan sehari-hari bagi penderita diabetes.

Berikut ini 5 tips makan sehat untuk penderita diabetes mengendalikan insulin menurut Food NDTV (15/8):

5 Tips Makan Sehat untuk Penderita Diabetes Agar Insulin TerkendaliKonsumsi makanan rendah indek glikemik ampuh untuk mencegah lonjakan gula darah. Foto: Getty Images/iStockphoto/JamesPearsell

1. Konsumsi makanan rendah indeks glikemik

Indeks glikemik dapat dikatakan sebagai tolak ukur efek makanan terhadap gula darah. Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi membutuhkan lebih banyak insulin untuk mencernanya.

Sebaliknya, makanan dengan indeks glikemik yang rendah dapat membantu mengatasi resistensi insulin yang dialami oleh penderita diabetes. Makanan dengan indeks glikemik di atas 70 menjadi daftar yang harus dihindari oleh para penderita diabetes.

Makanan-makanan tinggi indeks glikemik ini berupa karbohidrat tanpa serat dan makanan yang mengandung gula. Sedangkan makanan rendah indeks glikemik yang disarankan misalnya seperti jagung manis (54 GI), ubi (61 GI) atau buah anggur (25 GI).

2. Menghitung jumlah karbohidrat

Asupan karbohidrat menjadi penentu apakah diet seseorang sudah cukup sehat atau belum. Konsumsi karbohidrat bukan hanya sekadar untuk mengenyangkan tubuh tetapi juga memperhatikan asupan serat dan berbagai nutrisi lainnya.

Untuk penderita diabetes, memilih asupan harus dilakukan dengan sangat tepat. Hal ini lantaran banyak makanan sumber karbohidrat yang memiliki kadar indeks glikemik tinggi sehingga mudah memicu kadar gula darah.

Membiasakan diri mengendalikan porsi makanan menjadi cara yang paling tepat untuk mencegah lonjakan gula darah akibat konsumsi karbohidrat yang tidak tepat. Tidak hanya pada makanan utama, penderita diabetes disarankan untuk selalu memperhatikan label kemasan dan memeriksa kadar karbohidrat dan gula yang ada di dalamnya.

Tips diet untuk mengendalikan insulin lainnya bisa dilihat pada halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT