ADVERTISEMENT

Hati-hati! Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Perut Kembung

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 26 Agu 2022 05:00 WIB
Makanan yang tampak sehat tetapi ternyata berbahaya
Foto: Getty Images
Jakarta -

Makanan sehat memang baik untuk tubuh, tetapi tak menutup kemungkinan, ada makanan sehat yang justru menimbulkan masalah kembung di perut. Ini daftarnya!

Konsumsi makanan sehat memang memberikan manfaat bagi tubuh, tapi nyatanya, beberapa jenis makanan bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada perut karena pencernaan yang lama dan terjadi penumpukan gas.

Namun tidak semua masalah perut kembung disebabkan oleh makanan sehat itu. Terkadang bisa juga karena makanan sehari-hari lainnya yang dikonsumsi bersamaan dengan makanan sehat.

Catherine Crow, selaku praktisi terapi nutrisi holistik mengungkapkan bahwa diet umum dan pembatasan makanan menjadi penyebab perut kembung karena bisa membuat tubuh memperlambat metabolisme, mengurangi cairan pencernaan dari waktu ke waktu.

Karenanya untuk menghindari efek perut kembung dari makanan tersebut, lebih baik untuk menghindari beberapa makanan sehat ini.

Merangkum express.co.uk (19/08), berikut daftar makanan sehat yang perlu dihindari untuk mencegah perut kembung:

1. Kentang

Hati-hati! Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Perut Kembung.Tetapi ternyata, kentang justru menjadi karbohidrat penghasil gas yang tinggi. Kentang mungkin bisa dikonsumsi bersamaan dengan makanan penyeimbang lainnya. Foto: Getty Images

Kentang mungkin sering menjadi pengganti karbohidrat bagi mereka yang sedang melakukan diet penurunan berat badan.

Kentang diketahui memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan nasi serta manfaat yang jauh lebih banyak untuk kesehatan.

Tetapi ternyata, kentang justru menjadi karbohidrat penghasil gas yang tinggi. Kentang mungkin bisa dikonsumsi bersamaan dengan makanan penyeimbang lainnya.

Tetapi jika dirasa perut tidak bisa mentolerir, sebaiknya balik mengonsumsi karbohidrat nasi, namun bisa dipilih jenis nasi yang lebih sehat dan rendah kalori.

2. Telur

Telur dikenal sebagai makanan yang mengandung beragam nutrisi, mulai dari protein hingga vitamin.

Tetapi beberapa orang menemukan bahwa makan telur justru mengganggu perut mereka dan ketika perut sedang sensitif, telur bisa menyebabkan perut bergas hingga kembung.

Ini disebabkan karena kandungan sulfur pada telur yang bagi sebagian orang akan sulit dicerna. Efeknya menimbulkan produksi gas yang banyak dan tanda-tanda perut kembung.

Jika kamu memang memiliki masalah pada pencernaan, lebih baik untuk menghindari makan telur.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT