Tambahkan Sejumput Garam ke Secangkir Kopi untuk Dapatkan Khasiat Ini

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Tambahkan Sejumput Garam ke Secangkir Kopi untuk Dapatkan Khasiat Ini

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 24 Agu 2022 07:30 WIB
Tambahkan Sejumput Garam ke Secangkir Kopi untuk Dapatkan Khasiat Ini.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Kopi memang biasa dinikmati dengan gula atau krimer, tapi bagaimana dengan tambahan garam? Mungkin terdengar aneh, tapi ternyata ada manfaat di balik campuran ini.

Banyak orang memilih untuk menikmati kopi mereka dengan tambahan gula, krimer, susu, sirup, hingga rempah-rempahan sehat. Penampahan tersebut sebenarnya tergantung selera mereka.

Jika tidak suka minum kopi biasa, paling sering kopi ditambah dengan gula dan krimer. Tapi ternyata bukan bahan-bahan itu saja yang ditambahkan dalam kopi. Ada juga mereka yang justru menambahkan garam sebagai campuran kopi.

Mungkin penambahan bahan ini terdengar aneh, tetapi beberapa chef dan ahli kesehatan justru merekomendasikan hal itu. Merangkum womansworld.com (30/06), berikut alasan mengapa garam perlu ditambah ke dalam kopi.

1. Kandungan Asam pada Kopi Mengganggu Beberapa Orang

Tambahkan Sejumput Garam ke Secangkir Kopi untuk Dapatkan Khasiat Ini.Kopi memang bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh, tetapi ada masalah yang juga bisa dipicu kopi. Kopi mengandung asam yang tinggi. Foto: Getty Images

Kopi memang bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh, tetapi ada masalah yang juga bisa dipicu kopi. Kopi mengandung asam yang tinggi.

Asam pada sebuah makanan dan minuman bisa mengganggu sistem pencernaan pada beberapa orang. Terlebih jika mereka memiliki perut yang sensitif atau rentan terhadap refluks dan mulas.

Ahli gizi dan kesehatan Dr. Daryl Gioffre mengungkap bahwa asam dari kopi memiliki efek lebih dari itu. Ketika asam memicu peradangan, membuat kita menahan dan menyimpan lemak, yang akhirnya bisa menyebabkan masalah kesehatan lain. Mulai dari kelelahan, masalah pencernaan, hingga masalah tidur.

2. Penambahan Garam pada Kopi Sebagai Solusi

Tambahkan Sejumput Garam ke Secangkir Kopi untuk Dapatkan Khasiat Ini.Garam yang ditambahkan ke dalam kopi bisa membantu menetralkan asam yang menyebabkan peradangan. Foto: Getty Images

Asam pada kopi mungkin bisa memberikan efek buruk pada sebagian orang. Alih-alih menambahkan pemanis, Dr. Gioffre merekomendasikan untuk menambahkan garam ke dalamnya.

Garam yang ditambahkan ke dalam kopi bisa membantu menetralkan asam yang menyebabkan peradangan. Sementara Dr. Gioffre juga mengungkapkan bahwa seiring dengan bertambahnya usia, garam pun sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh terutama wanita yang memiliki risiko alami osteoporosis atau osteopenia.

Untuk diketahui, rata-rata wanita di atas usia 45 tahun lebih rentan terkena kerapuhan tulang. Gioffre mengungkap bahwa kerapuhan itu disebabkan karena asam yang mungkin datang dari minum kopi. Asam dalam tubuh bisa mencuri kalsium dan magnesium dari tulang dan otot.

Karenanya untuk menetralkan asam yang merusak tubuh, penambahan garam ke kopi menjadi salah satu cara yang mampu menetralkan asam dan menggantikan mineral yang dibutuhkan.



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT