20 Daftar Jajanan Kaki Lima Terenak di Asia, Ada Getuk dan Kerak Telor

ADVERTISEMENT

20 Daftar Jajanan Kaki Lima Terenak di Asia, Ada Getuk dan Kerak Telor

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 25 Agu 2022 11:30 WIB
Creative Photos
Foto: Getty Images/iStockphoto/Kadek Bonit Permadi
Jakarta -

Tak hanya budaya, kuliner menjadi salah satu daya tarik wisata. Terutama jajanan kaki lima khas Asia. Berikut ini 20 yang terenak, 3 di antaranya dari Indonesia

Tidak hanya kekayaan alam atau budaya saja, warisan kuliner juga menjadi salah satu daya tarik wisata. Tak heran jika banyak wisatawan yang rela terbang jauh untuk mencicipi makanan enak yang hanya bisa ditemukan di tempat tertentu saja.

Bahkan saking diburunya beberapa makanan dinobatkan sebagai makanan kaki lima terbaik dan terenak di Asia. Ada setidaknya 50 makanan yang dicatat sebagai makanan terenak mulai dari Asia hingga Eropa.

Tak disangka, Indonesia juga ikut bergabung mengisi daftar makanan-makanan terenak ini. Bahkan ada tiga makanan dari Indonesia yang dinobatkan sebagai jajanan terenak di dunia, apa saja ya?

Berikut ini 20 jajanan terenak di Asia menurut CNN Travel (24/8):

20 Daftar Jajanan Kaki Lima Terenak di Asia, Ada Getuk dan Kerak TelorBernama nam khao, jajanan ini punya cita rasa yang unik dari Laos. Foto: CNN Travel

1. Nam Khao, Laos

Hidangan asal Asia Tenggara yang pertama ini terbuat dari nasi yang dibentuk bulat mirip seperti bakso. Cita rasa kari yang kuat dengan parutan kelapa dan telur membuat rasanya menjadi gurih legit dan khas.

Bola-bola nasi pada Nam Khao dibuat dari nasi yang sebelumnya diolah menjadi nasi goreng terlebih dahulu. Biasanya Nam Khao akan disajikan dengan topping seperti sosis, tempura, kacang, bawang bombay, cabai hingga berbagai macam sayuran.

2. Khao Jee, Laos

Mirip seperti sate buntel, hidangan asal Laos ini terbuat dari ketan yang digumpalkan. Ketan yang sudah dimasak dan dicetak bulat besar kemudian dilapisi dengan telur.

Cara memasaknya, jajanan ini akan dibakar hingga sedikit cokelat kehitaman dan memiliki aroma smokey. Hasilnya penikmat khao jee ini bisa merasakan cita rasa yang manis, sedikit terasa seperti kacang dengan tekstur yang kenyal.

3. Stinky Tofu, Taiwan

Walaupun memiliki aroma yang tidak sedap, makanan bernama stinky tofu ini tetap banyak penggemarnya. Stinky tofu terbuat dari tahu yang sudah difermentasi sehingga aromanya akan berbau asam dan menyengat.

Olahan stinky tofu yang paling banyak dijumpai biasanya dibakar dengan tambahan beberapa pelengkap lain. Ada acar kol, saus sambal hingga saus bawang putih untuk memberikan rasa gurih dan lezat.

4. Ema Datshi, Bhutan

Negara yang dipimpin kerajaan ini ternyata punya hidangan yang unik. Rasa pedas dan gurih dijadikan satu dalam makanan kaki lima bernama ema datshi yang berarti "cabai dan keju".

Menggunakan cabai dan keju, tekstur dari makanan ini kental creamy dengan rasa pedas yang menyengat tenggorokan. Ema datshi juga disajikan dalam beberapa varian yaitu dengan isian bawang bombay, bawang putih atau bahkan nasi merah.

Makanan kaki lima terenak di Asia lainnya ada di halaman selanjutnya



Simak Video "Nongkrong Cantik Sambil Jajan di Sekitar TPU Tanah Kusir"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT