5 Menu Sarapan yang Wajib Dihindari agar Tidak Lemas di Siang Hari

ADVERTISEMENT

5 Menu Sarapan yang Wajib Dihindari agar Tidak Lemas di Siang Hari

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 12 Agu 2022 06:00 WIB
5 Menu Sarapan yang Wajib Dihindari agar Tidak Lemas di Siang Hari
Foto: Getty Images

3. Kue-Kue Manis

5 Menu Sarapan yang Wajib Dihindari agar Tidak Lemas di Siang HariMuffin atau donut juga sering kita konsumsi untuk sarapan. Makanan manis ini mungkin akan memberikan energi di pagi hari, tetapi tidak di siang hari. Foto: Getty Images

Muffin atau donut juga sering kita konsumsi untuk sarapan. Makanan manis ini mungkin akan memberikan energi di pagi hari, tetapi tidak di siang hari.

Meskipun kue dan muffin tidak memunculkan masalah saat dimakan sesekali, tetapi kue manis tanpa serat dan protein tambahan itu bisa menyebabkan kemerosotan energi di siang hari, ungkap Zhu.

Karbohidrat olahan dalam bentuk gula dapat memberikan dorongan energi yang cepat, tetapi tidak membantu perut merasakan rasa kenyang yang lebih lama.

4. Sereal Tinggi Gula, Rendah Serat

Sereal yang banyak ditemukan di supermarket, sebenarnya tidak benar-benar sehat. Sereal itu memiliki kandungan gula yang tinggi dengan serat yang rendah.

Sereal ini akan menyebabkan gula darah meningkat, yang kemudian bisa turun dengan cepat di siang atau sore hari. Jika ingin makan sereal, pilih sereal yang setidaknya mengandung 5 gram serat per porsi sajinya.

5. Minuman Berenergi

Dengan namanya sebagai 'minuman berenergi', minuman ini belum tentu menghasilkan energi pada tubuh.

Minuman ini justru menyebabkan kelesuan di kemudian hari, terutama berlaku untuk variasi minuman dengan jumlah yang lebih tinggi.

Zhu mengungkap bahwa biasanya minuman berenergi akan memberikan efek energi dalam jangka pendek, tetapi jika tidak dibarengi dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi, maka energi itu akan segera hilang.

5 Kombinasi Sarapan yang Lebih Baik Untuk Dikonsumsi

Untuk menghindari efek lesu itu, kamu bisa mulai mencoba untuk konsumsi kombinasi makanan yang lebih baik seperti ini:

1. Telur Orak-Arik atau Rebus, dengan Buah atau Roti Gandum

5 Menu Sarapan yang Wajib Dihindari agar Tidak Lemas di Siang HariKamu bisa memilih untuk memakan buah dengan telur rebus. Atau juga bisa memanggang roti gandum yang diisi dengan telur orak-arik. Foto: Getty Images

Sarapan dengan menu bergizi seimbang menjadi kunci untuk menghindari kemerosotan energi di siang hari. Itu karena, masing-masing komponen makanan bakal memperlambat pencernaan dan menjaga perut penuh sampai siang.

Kamu bisa memilih untuk memakan buah dengan telur rebus. Atau juga bisa memanggang roti gandum yang diisi dengan telur orak-arik.

2. Yogurt dengan Buah

Kombinasi makanan ini juga tak kalah mengenyangkan. Zhu mengungkap bahwa Greek yogurt mengandung banyak protein. Sementara potongan buah mengandung banyak serat yang bagus untuk sistem pencernaan.

Cobalah untuk memilih Greek yogurt yang asli dan rendah lemak. Kemudian yogurt tersebut bisa dikombinasikan dengan buah berserat seperti pisang atau beri.

3. Oatmeal dengan Selai Kacang

5 Menu Sarapan yang Wajib Dihindari agar Tidak Lemas di Siang HariOatmeal atau olahan gandum ini mengandung sejenis serat larut yang disebut sebagai beta-glukan dengan efek mengenyangkan. Foto: Getty Images

Oatmeal atau olahan gandum ini mengandung sejenis serat larut yang disebut sebagai beta-glukan dengan efek mengenyangkan.

Zhu mengungkap bahwa beta-glukan itu akan membentuk gel tebal yang memperlambat pengosongan lambung dan penyerapan glukosa dalam darah.

Kamu bisa memulai untuk mencampurkan oat dengan selai kacang yang bisa memberikan dosis ekstrak lemak sehat untuk membantu mengenyangkan perut serta memberikan efek energi di siang hari.

4. Telur Dadar dengan Sayuran

Telur dadar juga bisa diolah dengan beberapa bahan makanan, salah satunya sayuran. Telur adalah makanan yang kaya protein.

Untuk menambahkan serat dan nutrisi tambahan, telur dadar atau omelet itu bisa ditambah dengan sayuran favorit kamu. Misalnya omelet sayur bayam atau omelet paprika.



Simak Video "Pabrik Tahu Ini Diminati Para Pegowes untuk Sarapan"
[Gambas:Video 20detik]

(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT