ADVERTISEMENT

5 Hal Terlarang Jika Ingin Memanaskan Makanan Sisa

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 05 Agu 2022 05:00 WIB
5 Hal Terlarang Jika Ingin Memanaskan Makanan Sisa
Foto: Getty Images
Jakarta -

Terkadang kita suka menyisakan makanan untuk dimakan esok harinya. Sebelum disantap, pastikan untuk menghindari hal ini ketika menghangatkan kembali makanan.

Tanpa disadari, kita seringkali menumpuk makanan sisa di kulkas atau di dapur. Makanan sisa tersebut biasanya datang dari masakan yang berlebihan atau bisa juga dari makanan yang dibeli dari luar.

Makanan itu tentu akan sayang untuk dibuang, terlebih jika memang porsinya masih banyak. Banyak orang akhirnya memilih menyimpannya agar bisa dihangatkan kembali untuk persediaan esok harinya.

Tetapi saat ingin memanaskan makanan sisa, tanpa disadari masih banyak dari kita melakukan kesalahan yang bisa menimbulkan risiko berbahaya.

Karena beberapa makanan yang sudah dimasak berpotensi mengandung bakteri yang bisa bahayakan tubuh, kamu perlu tahu segala kesalahan umum ketika menghangatkan kembali makanan.

Merangkum realsimple.com (21/09/2020), berikut 5 kesalahan umum yang harus dihindari ketika menghangatkan kembali makanan.

1. Membiarkan Makanan di Luar Kulkas Lebih dari 2 Jam

5 Hal Terlarang Jika Ingin Memanaskan Makanan SisaJangan biarkan makanan sisa ditaruh di luar ruangan selama lebih dari 2 jam. Foto: Getty Images

Setelah selesai makan, beberapa orang tidak langsung menyimpan makanan sisa mereka di dalam kulkas. Alhasil makanan tersebut dibiarkan tergeletak di luar dengan suhu ruangan lebih dari dua jam. Ini tentunya harus dihindari.

Setelah memasak atau makan, pastikan makanan tersebut terjaga suhunya. Karena menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, makanan yang dibiarkan dalam 'zona bahaya' antara 4 hingga 60 derajat celcius, akan lebih besar peluangnya bagi bakteri berbahaya untuk tumbuh dan membawa penyakit bawaan.

Ketika menyisihkan makanan, segera masukkan ke dalam kulkas dan gunakanlah wadah yang lebih dangkal agar lebih cepat dingin. Bagilah sisa sup atau rebusan ke wadah lebih kecil. Daging atau ayam juga bisa dipotong menjadi bagian kecil sebelum dimasukkan ke kulkas.

2. Tidak Menyimpan Makanan dalam Wadah Kedap Udara

Kesalahan ini mungkin sering terjadi. Banyak dari kita membiarkannya dalam bungkusan tanpa memindahkan ke wadah kedap udara.

Sebaiknya memilih wadah penyimpanan berkualitas tinggi dan kedap udara. Sesuaikan sisa makanan dengan ukuran wadah sehingga tidak ada ruang udara ekstra yang akan membantu bakteri keluar.

Wadah ini juga diperlukan untuk menjaga kelembapan dan menghindari bau lain menempel pada makanan.



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip Lontong Kikil, Rujak Cingur dan Rawon"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT