ADVERTISEMENT

Jangan Buang Sisa Roti! Coba Bikin 5 Menu Enak Ini

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 22 Jul 2022 10:30 WIB
Memanfaatkan sisa roti menjadi menu baru
Foto: Getty Images
Jakarta -

Ketika roti masih banyak, terkadang kita lupa memakannya. Roti pun perlahan menurun kualitasnya. Tanpa perlu membuangnya, sisa roti itu bisa diubah menjadi menu baru.

Umur simpan roti memang tak lama. Roti yang dibeli harus segera dihabiskan karena jika tidak roti itu bisa berjamur.

Namun terkadang kita suka lupa untuk memakannya. Tanpa disadari roti itu telah kedaluwarsa hingga secara perlahan menjadi berjamur.

Jika sudah melihat bintik-bintik jamur yang tumbuh pada roti, sebenarnya kamu tak perlu buru-buru untuk membuangnya. Sisa roti yang hampir kedaluwarsa itu bisa dimanfaatkan menjadi makanan baru yang tak kalah nikmat.

Berikut 5 inspirasi olahan roti sisa, dirangkum dari bbcgoodfood.com (20/07):

1. Puding Roti Mentega

Memanfaatkan sisa roti menjadi menu baruOlahan yang mudah untuk memanfaatkan roti sisa adalah puding roti mentega yang manis lembut. Foto: Getty Images

Olahan yang mudah untuk memanfaatkan roti sisa adalah puding roti mentega. Cara bikinnya gampang. Hanya dengan mencampur beberapa bahan seperti susu, krim, roti, dan mentega, kamu bisa mendapatkan puding roti yang nikmat.

Beberapa resep puding roti detikfood berikut bisa dicoba. Ada puding roti karamel santan (https://food.detik.com/resep-pembaca/d-6033518/resep-pembaca-resep-puding-roti-karamel-santan-yang-legit-lembut-untuk-takjil) dan Puding roti tawar warna-warni (https://food.detik.com/kue/d-5518474/masak-masak--puding-roti-tawar-warna-warni-buat-camilan-anak) sebagai inspirasi.

2. Topping untuk Salad

Ketika makan salad, terutama Caesar salad, biasanya kita sering melihat ada potongan roti kering di atasnya.

Roti kering itu bisa dibuat dengan sisa roti yang kita miliki. Roti hanya perlu dipanggang dengan sedikit mentega dan ditunggu hingga renyah.

Setelah itu roti sisa yang renyah ini bisa ditaburkan di atas sayuran segar. Tekstur roti yang renyah akan membuat salad menjadi lebih sempurna.

3. Roti Panggang

Memanfaatkan sisa roti menjadi menu baruRoti yang sudah kedaluwarsa bisa terasa lebih enak jika dipanggang. Foto: Getty Images

Cara lain untuk memanfaatkan roti sisa adalah dengan mengolahnya jadi menu baru. Salah satunya roti panggang yang pasti disukai seluruh anggota keluarga.

Sisa roti itu bisa ditambahkan isian beragam mulai dari keju ekstra hingga selai coklat. Setelah diolesi isian itu, barulah roti dipanggang.

Roti yang sudah kedaluwarsa bisa terasa lebih enak jika dipanggang. Jangan lupa untuk mengoleskan mentega di sisi wajan atau panggangan agar rasa roti lebih nikmat.



Simak Video "Menikmati Roti Jadul Legendaris Tahun 70-an, Bikin Nostalgia Masa Kecil"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT