ADVERTISEMENT

Diet Khusus Calon Pengantin! Cara Turun BB 5 Kg Sebelum Hari H

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Kamis, 04 Agu 2022 06:00 WIB
Diet Khusus Calon Pengantin! Cara Turun BB 5 Kg Sebelum Hari H
Foto: Getty Images/iStockphoto/subjug
Jakarta -

Demi tampil sempurna di hari bahagia, banyak calon pengantin terutama yang wanita, berusaha turun berat badan. Jika ingin coba diet singkat yang bisa turunkan berat badan hingga 5 kg, coba diet ini.

Banyak orang rela diet ketat menjelang hari pernikahan agar terlihat lebih kurus. Hal ini membuat rasa percaya diri mereka kian meningkat karena akan terlihat bagus difoto maupun ketika diambil video.

Tak sedikit calon pengantin, baik pria dan wanita, menjalani diet jelang menikah. Biasanya diet ini sudah dijalani 1-2 bulan sebelum hari H.

Berbagai pola diet bisa dijalani, tapi pastikan memilih yang sehat agar tak berujung sakit. Mengutip Eat This, Not That! (30/7), ahli gizi Jeanette Kimszal mengatakan penurunan berat badan yang sehat adalah 0,5 sampai 1 kg per minggu.

"Berusaha menurunkan berat badan selama sebulan setengah, kamu bisa kehilangan berat badan hingga lebih dari 5 kg," kata Jeanette. Ia mengatakan diet tidak perlu keras dan ketat ketika kamu fokus pada tujuan.

Ahli gizi Nicole Swingle juga punya pendapat serupa. Ia mengatakan sangat mungkin bagi calon pengantin bisa menurunkan berat badan dalam waktu singkat, terlebih jika dipengaruhi rasa stress jelang hari H.

Ada tips diet untuk calon pengantin yang memungkinkan kamu turun sekitar 5 kg dalam 1 hingga 2 bulan. Begini caranya:

1. Banyak makan sayuran

Sayuran adalah bahan makanan utama dan terpenting saat diet. Konsumsi lebih banyak sayuran berwarna-warni sangat bagus untuk menurunkan berat badan.

Hal ini karena kandungan serat tinggi pada sayuran yang bisa menciptakan rasa kenyang lebih lama. "Serat juga berdampak positif untuk kesehatan usus. Ketika kamu merasa lebih kenyang, maka keinginan makan lebih sedikit," kata Swingle.

Kimszal juga menyetujui konsep ini. "Paling tidak tambahkan 1 porsi sayuran dalam setiap waktu makan, maka ini akan membantu menambah asupan serat dan nutrisi harian," katanya.

Jenis sayuran terbaik untuk menurunkan berat badan antara lain brokoli, bayam, kembang kol, hingga labu siam. Coba olah sayuran jadi hidangan berbeda setiap harinya.

2. Waspadai menu restoran

Diet Khusus Calon Pengantin! Cara Turun BB 5 Kg Sebelum Hari HMenu restoran mungkin tinggi kalori dan sodium yang bisa merusak diet. Foto: Getty Images/iStockphoto/subjug

Swingle bilang cara terbaik menurunkan berat badan sebelum menikah adalah dengan berhenti makan di restoran, setidaknya 30 hari sebelumnya. "Ini sangat efektif menurunkan berat badan karena makan menu restoran itu sama saja menambah asupan banyak kalori dan sodium tanpa disadari," ujarnya.

Dengan mengurangi intensitas makan di restoran, maka kamu juga mengurangi asupan kalori dan jumlah retensi garam. Kondisi ini sangat berguna untuk menciptakan kondisi defisit kalori dan menurunkan angka timbangan.

3. Fokus pada protein

Kimszal mengatakan protein punya peran penting, sama seperti serat, dalam usaha menurunkan berat badan. "Perhatikan berapa banyak protein yang kamu konsumsi," ujarnya. Ia menyarankan tambahkan sumber asupan protein minim lemak dalam tiap kali makan.

Untuk diketahui, jika ingin turun berat badan, para pria yang olahraga 45 menit selama 3-5 kali seminggu perlu mengonsumsi 0,45 gram protein per 0,5 kg berat badan. Untuk wanita, 0,35 gram.

Sumber protein minim lemak yang bisa dikonsumsi antara lain dada ayam, ikan salmon, ikan tuna, kacang-kacangan, hingga yogurt tawar.

Lihat juga video 'Ahli Gizi Jawab soal Diet Harus Batasi Garam dan Gula':

[Gambas:Video 20detik]



Lihat lagi diet khusus calon pengantin di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT