7 Makanan Enak yang Bisa Cegah Sembelit Agar BAB Lancar

ADVERTISEMENT

7 Makanan Enak yang Bisa Cegah Sembelit Agar BAB Lancar

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 02 Agu 2022 08:00 WIB
Apakah Kopi Bisa Mengatasi Sembelit? Berikut Faktanya
Foto: Getty Images/iStockphoto/yipengge
Jakarta -

Sembelit kerap dirasakan banyak orang dan membuat perut sakit serta rasa tak nyaman. Agar BAB lancar tanpa merasakan sembelit, konsumsi 7 makanan enak ini.

Konstipasi atau sembelit merupakan gangguan pencernaan yang melibatkan usus. Orang yang mengalami sembelit biasanya merasakan sakit perut dan susah buang air besar (BAB).

Penderitanya juga kerap merasakan perut kembung dan penuh. Sehingga menimbulkan perasaan tak nyaman. Agar masalah sembelit terpecahkan, salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dan yang mengandung prebiotik.

Baca Juga: 4 Air Kelapa Kemasan, Mana yang Manisnya Paling Alami?

Dilansir dari Join Zone (5/5), berikut 7 makanan yang dapat mencegah sembelit.

1. Apel

tipe kepribadian berdasarkan buah apel, pisang, hingga nanas.apel. Foto: iStock

Apel merupakan buah yang terkenal dengan kandungan serat tinggi. Pada satu buah apel berukuran sedang (100 gram) mengandung 4,8 gram serat atau 19% dari asupan serat harian.

Sejumlah kecil serat dalam apel adalah pektin. Ini adalah serat larut, yang berarti larut dalam air. Usus besar akan memfermentasi pektin menjadi zat yang dapat menambahkan air ke feses dan membantu dalam proses pelunakkannya.

2. Biji Chia

Chia seed dan Biji SelasihChia seed Foto: iStock

Biji chia sedang menjadi tren sebagai makanan diet karena kandungan seratnya yang tinggi. Dalam 28 gram biji chia terdapat 9,8 gram serat atau setara 39% dari asupan serat harian.

Chia membentuk gel ketika bercampur dengan air. Makanan ini dapat menyerap hingga 12 kali beratnya sendiri dalam air yang artinya membantu melunakkan feses di usus untuk lebih mudah dikeluarkan. Biji chia ini bisa ditambahkan ke dalam yogurt, sereal, hingga jus.

3. Kiwi

Buah yang mengandung serat tinggi lainnya adalah kiwi. Dalam 75 gram kiwi, terdapat 2,3 gram serat atau senilai 9% dari asupan serat harian. Kiwi juga menyediakan enzim actinidin yang dapat meningkatkan pencernaan sehat dengan membantu memecah protein yang dikonsumsi.

Dalam studi pada 2020, para peneliti menemukan bahwa setelah makan 2 buah kiwi per hari dalam 2 minggu, peserta memiliki lebih banyak buang air besar. Kiwi bisa dinikmati bersama yogurt, dijadikan salad buah, atau smoothie.

Baca Juga: 5 Bakery Jadul Berusia 80 Tahun di Jaksel Ini Masih Banyak Penggemarnya



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Keripik Bayam"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT