ADVERTISEMENT

5 Fakta Diet Asia yang Bisa Turunkan Berat Badan Lebih Cepat

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 02 Agu 2022 06:00 WIB
5 Fakta Diet Asia yang Bisa Turunkan Berat Badan Lebih Cepat
Foto: Getty Images/iStockphoto/agrobacter
Jakarta -

Seiring dengan tingginya peminat gaya hidup sehat, banyak pola diet yang kini populer. Salah satunya diet Asia yang dikatakan ampuh menurunkan berat badan dengan cepat.

Seiring dengan meningkatkan perkembangan hidup sehat, banyak ahli gizi yang terus melakukan penelitian untuk mendapatkan temuan terbaru. Hasilnya selama beberapa tahun terakhir, pola makan bergaya Barat justru dikatakan bukan kabar yang baik untuk kesehatan.

Pola makan dengan konsumsi makanan olahan yang tinggi, daging, biji-bijian olahan hingga penambahan gula dan pemanis dikatakan justru berbahaya untuk tubuh. Tetapi ada sebuah pola makan tradisional yang disebutkan jauh lebih baik untuk diterapkan.

Pola makan ini merupakan kebiasaan makan yang banyak ditemukan di negara-negara benua Asia. Hidangan yang diperkaya dengan bahan makanan nabati dan bahan-bahan utuh dinilai lebih sehat untuk dikonsumsi secara rutin. Hingga akhirnya diet ini dikenal dengan nama diet Asia.

Berikut ini 5 diet Asia yang lebih sehat dan cepat menurunkan berat badan berdasarkan Everyday Health (28/7):

5 Fakta Diet Asia yang Bisa Turunkan Berat Badan Lebih CepatBukan baru dikembangkan, diet Asia ini telah diteliti selama lebih dari 20 tahun. Foto: Getty Images/iStockphoto/agrobacter

1. Diteliti selama 20 tahun

Zhaoping Li selaku profesor pengobatan dan nutrisi klinis menyebutkan bahwa banyak negara di Asia yang memiliki menu makan yang sangat luar biasa. Ia mengatakan bahwa beberapa diet yang dijalankan oleh orang Asia sebenarnya memiliki kemiripan antara negara satu dengan yang lainnya.

Lebih dari 20 tahun, para peneliti di Cornell dan Harvard University mengembangkan Piramida Diet Asia sebagai pendidikan untuk makanan dan nutrisi. Konon pada piramida tersebut lebih difokuskan pada konsumsi makanan nabati dan makanan-makanan utuh.

Diet Asia ini dikatakan sedikit banyak memiliki kesamaan dengan diet Mediterania. Pada pola diet yang satu ini pelakunya disarankan untuk mengurangi konsumsi susu dan daging merah. Bahan makanan yang disarankan adalah nasi, mie, buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan yang lainnya.

2. Tidak dibatasi porsinya

Berbeda dengan diet lainnya, diet Asia ternyata tidak mematok pada banyaknya porsi yang harus dikonsumsi. Pada pola diet Asia ini disebutkan harus mengonsumsi makanan tertentu sesering mungkin.

"Diet Asia sedikit berbeda dengan diet-diet lainnya, diet ini tidak difokuskan pada takaran penyajian. Melainkan diet ini menekankan bagaimana cara dan intensitas mengonsumsi kelompok makanan secara spesifik," kata Alexis Supan selaku pekerja di Cleveland Clinic Center.

Nyatanya diet Asia memang menyarankan para pelakunya untuk mengonsumsi beberapa makanan tertentu setiap hari dan tidak boleh ketinggalan. Makanan ini berupa daun-daunan hijau, biji-bijian, sayur-sayuran, buah-buahan, olahan kacang kedelai, gandum utuh, herbal hingga rempah-rempah.

Fakta menarik diet Asia lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT