ADVERTISEMENT

Meski Sehat, 5 Makanan Ini Harus Dihindari Saat Diet

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 30 Jul 2022 05:00 WIB
Makanan sehat yang ternyata harus dihindari ketika diet
Foto: Getty Images
Jakarta -

Makanan sehat pasti menjadi pilihan ketika seseorang diet. Tetapi, ternyata tak semua makanan sehat cocok dikonsumsi saat sedang menurunkan berat badan.

Saat diet, seseorang cenderung memilih makanan yang bernutrisi serta rendah kalori dan lemak. Menu andalan yang biasa dimakan seperti roti gandum dengan alpukat atau susu almond yang saat ini sedang tren.

Meskipun semua makanan itu tampak sehat, ternyata konsumsi beberapa makanan tersebut justru menghambat penurunan berat badan.

Ahli gizi Amy Shapiro dan Maria Bella mengungkapkan bahwa menu makanan sehat itu tidak semuanya efektif untuk menurunkan berat badan. Ada juga makanan yang justru akan membuat diet menjadi sia-sia.

Jika ingin diet kamu sukses, hindari konsumsi lima makanan sehat ini, seperti dirangkum dari express.co.uk (27/07).

1. Susu Almond

Makanan sehat yang ternyata harus dihindari ketika dietMemang susu almond lebih baik karena memiliki kalori yang lebih rendah. Namun sayangnya, susu ini mengandung protein rendah. Foto: Getty Images

Susu yang terbuat dari kacang almond ini sedang ramai diminati. Tak hanya oleh pelaku diet, beberapa kalangan juga mencoba susu yang diyakini lebih baik dari susu sapi ini.

Memang susu almond lebih baik karena memiliki kalori yang lebih rendah. Namun sayangnya, susu ini mengandung protein rendah. Padahal protein punya fungsi penting untuk menciptakan rasa kenyang lebih lama.

Susu almond lebih cocok dijadikan alternatif susu untuk mereka yang alergi susu hewani. Tetapi kandungan protein dan kalsiumnya lebih rendah dibandingkan susu hewani.

Jika memang ingin mencari alternatif susu rendah kalori, susu almond bisa menjadi pilihan yang tepat. Tetapi kalau ingin mencari susu yang lebih bergizi bisa mencari susu jenis lain.

Selain itu, susu almond yang direkomendasikan oleh Amy Shapiro adalah susu tanpa pemanis atau gula tambahan.

2. Granola

Granola sering menjadi camilan atau alternatif menu sarapan pagi bagi pelaku diet. Biasanya granola mengandung bahan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan gandum.

Tetapi ahli gizi Maria tidak menyarankan makan ini. Karena banyak granola yang dijual di supermarket mengandung gula dan lemak tambahan.

Dalam satu cup sajian granola, mengandung kira-kira 450 hingga 600 kalori. Ini merupakan kandungan kalori yang banyak. Apalagi jika granola disantap dengan tambahan susu. Kalorinya bisa melebihi rekomendasi asupan kalori harian.

Ahli gizi menyimpulkan, konsumsi granola saat sedang diet bukan menjadi pilihan yang baik, kecuali memang semua bahan dari granola alami tanpa tambahan gula atau lemak apapun.



Simak Video "Momentum Diet Kala Puasa Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT