Jika Terlalu Banyak Dikonsumsi, 5 Makanan Ini Bisa Ganggu Fungsi Hati

ADVERTISEMENT

Jika Terlalu Banyak Dikonsumsi, 5 Makanan Ini Bisa Ganggu Fungsi Hati

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 09 Jul 2022 05:00 WIB
Jika Terlalu Banyak Dikonsumsi, 5 Makanan Ini Bisa Ganggu Fungsi Hati
Foto: Getty Images/eclipse_images
Jakarta -

Jika dikonsumsi berlebihan beberapa makanan dapat merusak organ. Seperti 5 makanan yang disebut bisa menggangu kesehatan hati.

Hati merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting dan memiliki ukuran yang paling besar dibandingkan dengan organ tubuh lainnya. Hati memiliki banyak fungsi penting seperti menghasilkan protein, menyimpan nutrisi hingga memproduksi empedu.

Di Indonesia kasus gangguan kesehatan pada hati masih cukup tinggi. Salah satunya seperti penyakit hepatitis, sirosis hati atau bahkan kanker hati. Gangguan ini wajib diwaspadai untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Menjaga kesehatan hati ternyata bisa juga dilakukan dengan menghindari makanan yang dapat mengganggu fungsinya. Setidaknya ada daftar lima makanan dan minuman yang tidak dianjurkan pakar kesehatan karena dapat mengganggu kesehatan hati.

Berikut ini 5 makanan dan minuman yang berbahaya bagi kesehatan hati dilansir dari India.com (7/7):

Jika Terlalu Banyak Dikonsumsi, 5 Makanan Ini Bisa Ganggu Fungsi HatiWalaupun enak rasanya, makanan yang mengandung tinggi gula dapat mengganggu kesehatan hati. Foto: Getty Images/eclipse_images

1. Gula

Walaupun memiliki rasa yang manis tetapi efek yang ditimbulkan dari konsumsi gula tidak semanis rasanya. Gula dinilai sebagai salah satu bahan makanan yang mampu memberikan dampak paling berbahaya bagi tubuh.

Mulai dari memicu obesitas, penyebab diabetes hingga dapat mengganggu kenormalan fungsi hati. Gula dalam jenis apapun tidak disarankan untuk dikonsumsi melebihi batas aman yang disarankan.

Terutama bagi beberapa jenis gula olahan yang banyak ditemui dalam hidangan seperti permen, kue kering hingga yang ditambahkan dalam minuman bersoda. Jika ingin membuat minuman atau makanan menjadi lebih manis disarankan untuk menggunakan pemanis alami saja.

2. Alkohol

Manfaat dan efek samping alkohol masih menjadi perdebatan yang terjadi di kalangan ahli. Walaupun alkohol dikatakan mengandung efek antioksidan yang disebut baik untuk tubuh.

Tetapi efek samping alkohol juga disebutkan justru lebih banyak dibandingkan manfaatnya terhadap kesehatan. Konsumsi alkohol dikatakan dapat menyebabkan inflamasi yang menimbulkan matinya sel-sel tubuh hingga fibrosis dimana hati dipenuhi oleh jaringan parut.

Konsumsi alkohol yang berlebihan juga disebutkan dapat menyebabkan sirosis yang menurunkan fungsi hati. Efek lanjutannya penderita yang mengalami kondisi ini dapat mengalami muntah darah, penyakit kuning hingga kanker hati.

Makanan dan minuman yang berbahaya bagi kesehatan hati lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.



Simak Video "Takaran Gula Tambahan yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT