ADVERTISEMENT

7 Buah dan Sayur Enak Buat Turunkan Kolesterol Usai Makan Daging

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 12 Jul 2022 06:00 WIB
Jus buah dan sayur
Foto: Istock
Jakarta -

Perayaan Idul Adha identik dengan makan daging kurban. Bisa jadi kadar kolesterol meningkat karena ini. Untuk mengatasinya, coba konsumsi buah dan sayur enak ini.

Daging menjadi sumber makanan yang baik bagi tubuh. Daging mengandung protein tinggi, sumber mineral, hingga lemak dan vitamin. Namun tetap saja, jika dikonsumsi secara berlebihan, daging bisa berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya kolesterol.

Daging merah seperti daging sapi maupun kambing cenderung memiliki lemak jenuh tinggi. Konsumsinya perlu dibatasi agar tak membahayakan kesehatan.

Namun, tak perlu khawatir, ada beberapa makanan kaya akan serat seperti buah dan sayuran yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Dirangkum dari beberapa sumber, inilah 7 buah dan sayuran yang ampuh turunkan kolesterol sehabis makan daging.

1. Apel

Apel menjadi buah yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Buah merah ini dikemas dengan berbagai macam nutrisi penting.

Dilansir dari eatthis.com (29/04), Morgyn Clair selaku ahli gizi mengungkapkan bahwa apel sangat tinggi pektin, yaitu serat larut yang mampu mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan. Pektin ini akan membawa kolesterol tersebut ke hati untuk dieliminasi.

2. Alpukat

Buah dan Sayur yang mampu turunkan kolesterolBuah hijau satu ini kaya akan lemak dan serat tak jenuh yang mampu menurunkan LDL (Low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat. Foto: Getty Images

Alpukat menjadi buah yang padat nutrisi. Buah hijau satu ini kaya akan lemak dan serat tak jenuh yang mampu menurunkan LDL (Low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat, serta meningkatkan HDL ((High-density lipoprotein) baik dalam tubuh.

Dilansir dari healthline.com (26/10/2018), dalam suatu penelitian yang dilakukan pada orang dewasa yang obesitas, ditemukan bahwa mereka dengan kolesterol tinggi yang makan satu alpukat setiap hari mampu menurunkan kadar LDL lebih banyak daripada mereka yang tidak.

Karenanya setelah banyak makan daging, pastikan diimbangi dengan makan buah, salah satunya alpukat.



Simak Video "Jajal Kuliner ala Timur Tengah, Rempahnya Nendang!"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT