ADVERTISEMENT

Jus Air Kelapa dan Kurma Baik untuk Pencernaan, Menurut dr Zaidul Akbar

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 12 Jul 2022 05:00 WIB
Racikan jus air kelapa muda dan kurma yang menyehatkan menurut dr. Zaidul Akbar
Foto: iStock
Jakarta -

Air kelapa muda termasuk minuman yang menyehatkan. Apalagi jika diracik menjadi jus bersama kurma. dr. Zaidul Akbar mengungkap manfaatnya untuk pencernaaan.

Pola makan dan minum yang sehat harus rutin diterapkan dalam keseharian. Beragam minuman sehat memiliki manfaat yang berbeda, tergantung pada jenis nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Mengutip penjelasan dr. Zaidul Akbar yang disampaikan dalam sebuah video (30/6), ada racikan minuman yang dapat menyehatkan pencernaan. Minuman itu adalah racikan air kelapa muda dan kurma.

Baca Juga: Segini Harga Indomie di Luar Negeri, di Turki hingga Amerika Serikat

Racikan jus air kelapa muda dan kurma yang menyehatkan menurut dr. Zaidul AkbarRacikan jus air kelapa muda dan kurma yang menyehatkan menurut dr. Zaidul Akbar Foto: dok. dr Zaidul Akbar

"Nanti cobain, bagi Anda yang mungkin puasa atau mungkin yang hari ini pengin nyobain. Nanti beli kurma, lalu kurmanya diblender sama air kelapa, kelapa muda," ujar dr. Zaidul Akbar.

"Lalu, disaring sebentar (racikannya) atau kalau ngga disaring Anda tunggu saja (sampai sarinya mengendap). Itu akan jadi detoks yang paling baik untuk pencernaan kita," jelasnya.

Racikan air kelapa dan kurma ini bahan-bahannya mudah ditemui. dr. Zaidul Akbar juga mengatakan kalau kedua bahannya terbilang murah. Sehingga bisa dikonsumsi siapapun yang ingin kesehatan pencernaannya terjaga.

Baca Juga: Penjual Ayam Goreng Nyentrik Ini Jadi Pusat Perhatian Turis

Racikan jus air kelapa muda dan kurma yang menyehatkan menurut dr. Zaidul AkbarRacikan jus air kelapa muda dan kurma yang menyehatkan menurut dr. Zaidul Akbar Foto: iStock

Saat meracik air kelapa dan kurma ini tak perlu lagi ditambahkan pemanis. Karena kedua bahan ini mengandung gula alami.

Dilansir dari WebMd (29/4), air kelapa muda diketahui mengandung vitamin B dan potasium, ada juga kandungan zat elektrolit dan asam amino. Jika dikonsumsi secara rutin, maka akan memberikan manfaat pada kesehatan pencernaan. Di antaranya dapat menperlancar sistem pencernaan dan mencegah perut kembung.

Racikan jus air kelapa muda dan kurma yang menyehatkan menurut dr. Zaidul AkbarRacikan jus air kelapa muda dan kurma yang menyehatkan menurut dr. Zaidul Akbar Foto: iStock

Begitu juga dengan kurma yang diketahui dapat menyehatkan pencernaan, terutama mencegah sembelit jika dikonsumsi rutin. Ini dikarenakan kurma mengandung serat yang tinggi, seperti dikutip dari Health Line (21/3).

Mengonsumsi masing-masing air kelapa dan kurma saja sudah dapat dirasakan manfaatnya. Apalagi jika keduanya digabungkan, maka bisa menjadi minuman detoks yang ampuh.

Baca Juga: Hukum dan Ketentuan Memberi Upah untuk Tukang Jagal Idul Adha



Simak Video "Menikmati Es Kelapa Kekinian di Island Golf PIK"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT