ADVERTISEMENT

5 Tips Ampuh Cegah Lalat Hinggap di Makanan Agar Tetap Higienis

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 09 Jul 2022 07:00 WIB
Cara ampuh usir lalat
Foto: Getty Images
Jakarta -

Seringkali kita menemukan banyak lalat yang menghinggapi makanan, apa lagi jika makanan tersebut berbau. Untuk menjaganya agar tetap bersih dan higienis, lakukanlah 5 cara ini.

Makanan yang terlalu banyak dihinggapi lalat bisa menjadi masalah serius bagi sebagian orang. Hinggapan lalat bisa mengkontaminasi makanan. Lalat dianggap sebagai binatang yang kotor dan membawa banyak sekali kuman tidak baik untuk kesehatan.

Serangga ini bisa mencemari makanan karena memindahkan kuman dari satu permukaan ke permukaan lainnya. Itulah sebabnya banyak orang merasa tak nyaman jika ada lalat yang menghinggapi makanannya.

Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari makanan dari kontaminasi lalat. Dirangkum dari beberapa sumber, inilah 5 tips yang bisa dilakukan untuk mengusir lalat dari makanan.

1. Gantung Kantong Plastik Berisi Air

Cara ampuh usir lalatDi beberapa warung makan, kamu mungkin pernah melihat penjualnya menggantung kantong plastik berisi air. Ini bukanlah hiasan, melainkan salah satu cara untuk mengusir lalat. Foto: Getty Images

Di beberapa warung makan, kamu mungkin pernah melihat penjualnya menggantung kantong plastik berisi air. Ini bukanlah hiasan, melainkan salah satu cara untuk mengusir lalat.

Dilansir dari howstuffworks.com (01/07), cara ini menjadi efektif karena akan mengakibatkan pembiasan cahaya. Pantulan cahaya dari plastik berisi air itu bisa membuat lalat terkecoh dan penglihatannya menjadi buram.

Lalat memiliki mata besar yang terdiri dari 3.000 hingga 6.000 mata pada setiap bulatannya. Dengan cara menggantungkan kantong plastik berisi air, ini akan membuat lalat tidak fokus pada satu titik dan membuatnya pergi dari ruangan berisi makanan itu.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengisi plastik bening dengan air secukupnya. Lalu ikat dengan kuat dan gantunglah di atas meja makan atau meja yang berisi banyak makanan.

2. Pakai Tudung Saji dan Wadah Tertutup Rapat

Jika sudah selesai makan dan masih ada makanan yang tersisa, jangan biarkan makanan itu dalam kondisi terbuka. Hal ini pasti mengundang lalat untuk datang.

Untuk menjaganya bisa dengan cara yang sudah umum dilakukan yaitu menutup makanan dengan tudung saji. Beberapa makanan sisa juga bisa disimpan dalam wadah yang tertutup rapat agar tidak ada celah bagi lalat untuk memindahkan kuman ke makanan tersebut.

3. Buat Semprotan Pengusir Lalat dengan Bahan-Bahan Alami

Cara ampuh usir lalatJika memang lalat masih sering datang ke area makanan, cobalah untuk membuat semprotan pengusir lalat alami. Foto: Getty Images

Jika memang lalat masih sering datang ke area makanan, cobalah untuk membuat semprotan pengusir lalat alami. Beberapa bahan yang bisa digunakan seperti campuran kayu manis dan air atau biji cengkeh yang direndam dalam semangkuk air.

Aroma dari kayu manis maupun cengkeh yang cukup tajam akan membuat lalat enggan untuk menghampiri makanan kita.



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip Lontong Kikil, Rujak Cingur dan Rawon"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT