ADVERTISEMENT

Mau Tubuh Tetap Langsing? Coba Ikuti 5 Tips Dapur Ini

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 04 Jul 2022 08:00 WIB
Tips dapur agar tubuh tetap slim
Foto: Getty Images
Jakarta -

Dapur menjadi tempat menyimpan makanan sekaligus tujuan ketika lapar. Ada serangkaian tips yang bisa kamu ikuti agar dapur tidak jadi penyebab berat badan bertambah.

Beberapa orang memiliki dapur dengan area luas untuk menyimpan makanan dan peralatan lain. Hal itu tentu akan membuat kamu tergiur untuk terus menumpuk berbagai makanan di dalamnya sampai-sampai dapur menjadi berantakan.

Dapur yang berantakan dan terlalu banyak makanan tentu bisa mempengaruhi pola makan. Dilansir dari realtor.com (05/02/2018), studi mengungkap bahwa lingkungan dapat mempengaruhi kebiasaan makan. Untuk itu, dengan melakukan 5 tips ini, kamu bisa menghindari tubuh dari kebiasaan makan buruk.

Dirangkum dari realbuzz.com (30/06), inilah 5 tips dapur yang bisa menjaga tubuh tetap langsing:

1. Simpan Makanan Sehat di Depan Kulkas

Tips dapur agar tubuh tetap slimUntuk cegah kebiasaan makan yang buruk, makanan sehat sebaiknya ditaruh di bagian depan kulkas atau lemari penyimpanan. Foto: Getty Images

Untuk cegah kebiasaan makan yang buruk, makanan sehat sebaiknya ditaruh di bagian depan kulkas atau lemari penyimpanan. Ini agar ketika kamu membuka lemari es, makanan sehat itu mudah digapai.

Potongan buah dan sayur yang disimpan dalam wadah kedap udara bisa disimpan dalam bagian depan lemari es sehingga kamu akan mudah mengambilnya.

2. Sembunyikan Makanan Kurang Sehat

Makanan kurang sehat tetap boleh disimpan dan dimakan asalkan porsinya dibatasi. Untuk mengurangi keinginan mengonsumsi makanan tak sehat, coba sembunyikan dari pandanganmu.

Bukan berarti kamu harus berpura-pura tidak boleh ingat makanan tersebut. Namun ketika suatu makanan bisa dihilangkan dari pandangan, itu akan mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan tersebut. Kamu bisa menaruh makanan yang kurang sehat di bagian belakang lemari es, belakang kabinet dapur, atau bawah keranjang.

3. Kurangi Ukuran Piring yang Besar

Tips dapur agar tubuh tetap slimKetika makan, cobalah untuk menukar piring dengan versi yang lebih kecil. Foto: Getty Images

Tips dapur lainnya yang bisa membuat tubuh tetap langsing yaitu dengan mengurangi penggunaan piring besar. Ketika makan, cobalah untuk menukar piring dengan versi yang lebih kecil.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Brian Wansink dari Cornell University dan Koert Van Ittersum dari Georgia Institute of Technology menemukan bahwa penurunan ukuran piring atau wadah makan dari 30.48 cm ke 25.4 cm akan menghasilkan penurunan persen kalori yang disantap seseorang.

Dengan menyajikan makanan dalam piring lebih kecil juga bisa menipu pikiran untuk percaya bahwa makanan itu lebih banyak dari yang sebenarnya.



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip Lontong Kikil, Rujak Cingur dan Rawon"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT