ADVERTISEMENT

Contek Yuk! 7 Tips Sarapan Sehat Ini Bikin Imunitas Tubuh Kuat

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 02 Jul 2022 07:00 WIB
Makanan untuk imunitas tubuh
Foto: Getty Images
Jakarta -

Imunitas tubuh yang kuat diperlukan untuk melawan penyakit. Hal ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan sehat, termasuk terapkan hal ini saat sarapan.

Meskipun pandemi Covid-19 telah mereda, namun imunitas tubuh tetap harus dijaga agar tubuh terhindar dari penyakit. Cara terpenting untuk membangun imunitas tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan sehat, terutama ketika sarapan.

Memilih menu yang tepat saat sarapan penting dilakukan sebab sarapan menjadi awal mula tubuh menerima asupan makanan setelah sekian lama perut kosong. Pastikan memilih makanan yang tak hanya menyehatkan, tapi juga membuat tubuh berenergi.

Untuk meningkatkan imunitas tubuh, coba terapkan 7 tips sarapan sehat seperti dirangkum dari food.ndtv.com (22/06) ini:

1. Tambahkan Protein dalam Makanan

Makanan untuk imunitas tubuhSarapan berprotein tinggi telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan otot dan mendukung penurunan berat badan. Foto: Getty Images

Mengasup protein penting saat sarapan. Sarapan berprotein tinggi telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan otot dan mendukung penurunan berat badan.

Ketika seseorang mengonsumsi makanan tinggi protein saat sarapan, hal ini juga akan meningkatkan respon tubuh terhadap makanan berkarbohidrat tinggi hingga 4 jam setelah makan pagi.

Salah satu sumber protein terbaik untuk sarapan yaitu telur. Namun jika ingin mengonsumsi protein lainnya seperti ayam atau kacang-kacangan, tentu diperbolehkan.

2. Konsumsi Sarapan yang Tinggi Vitamin-D

Vitamin D adalah vitamin terbaik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Untuk mendapatkan asupan vitamin D, kamu bisa berjemur di pagi hari.

Tetapi jika memang tidak ada cukup waktu untuk berjemur, opsi lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan kaya akan vitamin D seperti salmon, susu, dan tahu.

3. Sertakan Makanan Kaya Vitamin C

Makanan untuk imunitas tubuhAsupan vitamin C bisa diperoleh dari ragam buah dan sayuran. Foto: Getty Images

Sama seperti vitamin D, vitamin C juga berperan besar dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Asupan vitamin ini bisa diperoleh dari ragam buah dan sayuran.

Beberapa makanan yang bisa memberi asupan vitamin C yang cukup seperti jeruk, stroberi, brokoli, dan kentang. Semuanya bisa diolah sesuai selera.

Stroberi bisa dijadikan topping tambahan di atas yogurt atau smoothie. Sedangkan jeruk bisa diolah menjadi jus. Brokoli dan kentang juga bisa dibumbui dan dimakan dengan roti panggang.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT