ADVERTISEMENT

Penuh Khasiat! 7 Rempah Ini Bikin Masakan Lebih Sehat dan Enak

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 28 Jun 2022 10:30 WIB
Daun rempah yang bisa membuat makanan lebih enak dan sehat
Foto: Getty Images
Jakarta -

Makanan dengan rempah tambahan biasanya memiliki rasa yang lebih kuat. Namun tak hanya soal rasa, dengan memasukan 7 rempah ini, juga akan membuat masakan lebih sehat.

Banyak sekali ragam rempah yang tersedia di dunia, termasuk Indonesia. Memasukkan rempah ke dalam masakan bukan hanya akan memperkaya cita rasa, melainkan juga akan membuat makanan lebih sehat.

Mungkin ketika berbicara mengenai rempah-rempah yang cocok menjadi bumbu kuliner, ada banyak pilihan tergantung dengan preferensi dan kecocokannya dengan suatu makanan tersebut.

Tetapi tujuh jenis rempah ini menjadi pilihan terbaik untuk ditambahkan ke dalam makanan. Fungsinya bukan hanya menambah cita rasa, melainkan juga menambah nutrisi pada makanan.

Dirangkum dari everydayhealth.com (16/06), berikut ini 7 rempah terbaik yang bisa membuat masakan lebih enak dan sehat.

1. Daun Kemangi

Kemangi menjadi bagian penting dari beragam hidangan Indonesia seperti pepes, nasi bakar, hingga lalapan. Rasanya yang segar ternyata tidak hanya membuat masakan lebih nikmat, tetapi juga bagus untuk kesehatan mata.

Kemangi adalah jenis daun-daunan yang tinggi kandungan lutein dan zeaxanthin, yang mana menurut pakar kesehatan, senyawa ini terbukti mampu mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia yang dapat melindungi mata.

Kemangi juga mengandung vitamin K dalam jumlah tinggi. Memasukkan daun kemangi dalam masakan akan membuat tubuh lebih sehat. Kemangi dapat menjadi tambahan dalam beberapa makanan seperti ikan cakalang dengan kemangi atau ayam pedas asam dengan kemangi.

2. Daun Peterseli

Daun rempah yang bisa membuat makanan lebih enak dan sehatDaun peterseli menjadi sumber vitamin K yang sangat baik yang mampu membantu menungkatkan kepadatan tulang. Foto: Getty Images

Daun peterseli sering dijumpai sebagai hiasan (garnish) dalam beberapa hidangan. Ternyata daun ini memiliki manfaat lebih dari sekedar sebagai hiasan.

Daun peterseli menjadi sumber vitamin K yang sangat baik. Menurut studi dalam Journal of American Heart Association pada Agustus 2021, data yang diperoleh dari lebih 50.000 orang menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak vitamin K memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular.

Vitamin K juga mampu membantu proses pembekuan darah, serta meningkatkan kepadatan tulang yang akan mengurangi kemungkinan osteoporosis.

Mungkin peterseli memiliki rasa yang agak pahit, namun peterseli bisa dikonsumsi bersamaan dengan sup, salad, hingga hidangan pasta lainnya.



Simak Video "Rempah-rempah Ternyata Bisa Jadi Aksesori Keren"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT