Nyeri Haid Bisa Diatasi dengan 9 Makanan Enak dan Sehat Ini

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 18 Jun 2022 08:00 WIB
Makanan yang ampuh atasi nyeri haid
Foto: Getty Images
Jakarta -

Setiap makanan bisa mempengaruhi nyeri atau sakit ketika haid. Untuk itu, wanita yang mengalami haid penting untuk mengonsumsi makanan yang tepat.

Hampir semua wanita pasti pernah mengalami nyeri haid. Dilansir dari pcrm.org (16/06), nyeri atau kram haid bisa terjadi karena sebelum dimulainya menstruasi, ada sel-sel yang membentuk lapisan rahim yang dikenal sebagai sel endometrium.

Sel ini mulai rusak selama menstruasi dan melepaskan sebagian besar prostaglandin inflamasi. Hal itu akhirnya menyebabkan kram yang menimbulkan rasa nyeri.

Makanan bisa mempengaruhi nyeri haid yang berkaitan dengan kadar estrogen dalam tubuh wanita. Semakin besar kadar estrogen maka kemungkinan akan semakin tebal lapisan pada rahim.

Akibatnya selama siklus menstruasi, akan lebih banyak prostaglandin yang menghasilkan rasa sakit lebih besar. Mengonsumsi beberapa makanan sehat bisa membantu menurunkan rasa sakit akibat menstruasi, sekaligus bisa menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang sedang melakukan diet.

Dirangkum dari ndtv.com (15/06), berikut adalah 9 makanan diet yang bisa meredakan nyeri ketika haid.

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau atau sayuran cruciferous adalah jenis sayuran yang kaya akan kalsium dan magnesium. Kandungan nutrisi inilah yang dapat meredakan nyeri haid.

Jika kekurangan kalsium akan menyebabkan kejang dan kontraksi otot. Karena itu mengonsumsi sayuran berdaun hijau menjadi pilihan yang tepat.

Beberapa sayuran hijau yang dapat dikonsumsi antara lain; bayam, kol, kangkung, brokoli, kembang kol, dan beberapa sayuran lainnya.

2. Makanan Tinggi Kandungan Air

Makanan yang ampuh atasi nyeri haidBeberapa makanan dengan kandungan air tinggi seperti semangka dan mentimun baik dikonsumsi untuk atasi nyeri haid. Foto: Getty Images

Tubuh membutuhkan asupan air yang cukup. Jika kondisi tubuh sedang kekurangan air, ini akan menyebabkan dehidrasi dan sakit kepala selama menstruasi.

Untuk mengatasi hal tersebut, mengonsumsi makanan yang kaya akan air dapat membuat tubuh terhidrasi. Beberapa makanan dengan kandungan air tinggi seperti semangka dan mentimun baik dikonsumsi.



Simak Video "Asam Segar Gado-gado Bon Bin yang Sudah Ada Sejak 1960"
[Gambas:Video 20detik]