5 Jenis Teh Populer di Dunia Ini Punya Khasiat Menyehatkan

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 01 Jun 2022 05:00 WIB
Berbagai macam teh dan manfaatnya
Foto: iStock
Jakarta -

Sejak berabad silam teh dikenal akan khasiat sehatnya dan dinikmati orang di dunia. Berikut ini 5 teh populer di dunia yang punya khasiat berbeda.

Teh yang berasal dari tumbuhan camelia sinensis ini dikenal sebagai minuman sehat oleh orang China. Tersebar di seluruh dunia kemudian dikembangkan dan dikenal cara berbeda mengolah daun teh ini.

Hasil olahannya berupa ragam teh seperti teh putih, teh hitam, teh hijau, teh oolong dan teh herbal. Proses fermentasi berbeda membuat tiap jenis teh punya kandungan nutrisi berbeda.

Dilansir dari pennmedicine.org (04/03), sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa berbagai jenis teh dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan peradangan, hingga menangkal berbagai jenis kanker.

Bukti lain juga menunjukkan bahwa minum teh secara teratur dapat memiliki dampak positif jangka panjang bagi kesehatan.

Berikut ini 5 jenis teh populer di dunia berikut khasiat sehatnya untuk tubuh.

1. Teh Putih

Teh putih dikenal dengan rasanya yang ringan. Teh ini berasal dari tanaman camellia sinensis dari China dan India. Tidak butuh waktu lama, teh putih merupakan jenis teh yang paling sedikit diproses.

Berbagai macam teh dan manfaatnyaTeh putih juga dipercaya baik untuk kesehatan gigi karena mengandung fluoride, katekin, dan tanin yang tinggi. Foto: iStock

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh ini mungkin menjadi teh yang paling efektif dalam memerangi berbagai bentuk kanker. Ini karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Selain mengobati kanker, teh putih juga dipercaya baik untuk kesehatan gigi karena mengandung fluoride, katekin, dan tanin yang tinggi. Kandungan ini mampu memperkuat gigi, melawan plak, dan membuatnya lebih tahan terhadap asam dan gula.

Dengan rasa yang lebih ringan, teh putih mengandung kafein paling sedikit sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin membatasi asupan kafein.

2. Teh Hitam

Teh hitam juga merupakan jenis teh yang berasal dari camellia sinensis. Namun cara proses dari teh hitam ini adalah dengan dikeringkan dan difermentasi. Proses inilah yang membuat warna teh lebih gelap dan lebih kaya rasa.

Tidak seperti jenis teh lain, teh hitam mengandung kafein yang cukup tinggi, sehingga konsumsinya juga harus dibatasi. Kandungan flavonoid pada teh hitam mampu memerangi peradangan dan mendukung fungsi kekebalan tubuh.

Selain diminum, mandi dengan teh hitam juga dipercaya mampu meredakan ruam kulit dan kondisi seperti poison ivy yaitu alergi yang disebabkan zat resin tertentu.



Simak Video "Menilik Sejarah dan Cara Seduh Teh ala China"
[Gambas:Video 20detik]