ADVERTISEMENT

Apakah Minum Teh Bisa Turunkan Kadar Gula Darah? Ini Penjelasannya

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 28 Apr 2022 05:00 WIB
Efek Minum Teh Terhadap Kadar Gula Darah
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Teh bisa memberikan efek beragam pada tubuh sesuai cara mengonsumsinya. Apakah teh bisa mempengaruhi kadar gula darah seseorang? Ini penjelasannya!

Teh merupakan salah satu minuman sehat yang dijadikan favorit banyak orang. Empat jenis teh yang populer dikonsumsi adalah teh hitam, teh hijau, teh putih, dan teh oolong.

Beragam jenis teh itu memiliki manfaat yang berbeda pada tubuh. Teh hijau disebut paling ampuh dalam melunturkan lemak, sehingga banyak dikonsumsi pelaku diet.

Bagi penderita diabetes, apakah teh termasuk minuman yang aman dikonsumsi? Dilansir dari Eat This (19/4), efek teh pada kadar gula darah itu tergantung jenis yang dikonsumsi.

Baca Juga: Kejadian Lagi! Pria Ketipu Beli Leci yang Ternyata Rambutan

Efek Minum Teh Terhadap Kadar Gula DarahEfek Minum Teh Terhadap Kadar Gula Darah Foto: Getty Images/iStockphoto

Bagi penderita diabetes, hanya dianjurkan mengonsumsi teh tawar. Karena teh dengan pemanis tambahan bisa mengakibatkan lonjakan gula darah.

Teh tawar dengan jenis teh hitam dinilai baik dalam mengontrol kadar gula darah. Sebuah studi dari Universitas Mahidol di Thailand menunjukkan bahwa teh hitam adalah minuman anti-diabetes yang dapat membantu menurunkan gula darah.

Jenis teh lain yang dapat membantu mengontrol gula darah adalah teh bunga (tisane) dari kembang sepatu atau teh hibiscus. Teh satu ini memiliki rasa yang cenderung asam, sehingga bisa untuk menurunkan kadar gula darah. Tak hanya itu, tapi juga dapat menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: 5 Fakta Kuliner Menarik Elon Musk, Pengusaha Kaya yang Baru Beli Twitter

Efek Minum Teh Terhadap Kadar Gula DarahEfek Minum Teh Terhadap Kadar Gula Darah Foto: Getty Images/iStockphoto

Sara Chatfield seorang ali diet di HealthCanal juga menjelaskan kalau teh hijau baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar gula darah. "Teh hijau memiliki kandungan polifenol yang bermanfaat untuk regulasi kadar gula darah," jelasnya.

Selain baik dalam mengontrol kadar gula darah, teh juga dapat dinikmati sebagai minuman yang dapat menghidrasi tubuh. Kalau tidak memiliki air putihh, artinya teh bisa menggantikannya agar terhindar dari dehidrasi.

Efek Minum Teh Terhadap Kadar Gula DarahEfek Minum Teh Terhadap Kadar Gula Darah Foto: Getty Images/iStockphoto

Karena jika tubuh mengalami dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan dan timbul rasa cemas. Peningkatan gula darah pada tubuh juga akan terjadi.

Baca Juga: Resep Nastar Lumer dan Lembut Anti Retak untuk Suguhan Idul Fitri



Simak Video "Takaran Gula Tambahan yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT