ADVERTISEMENT

Di Balik Nikmatnya Teh Hangat, Ada 5 Manfaat Sehat Ini

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 23 Mei 2022 08:00 WIB
Manfaat Minum Teh Hangat
Foto: Getty Images/iStockphoto/WiroKlyngz
Jakarta -

Secangkir teh hangat nikmat sekali diminum saat sarapan. Ternyata minum teh dalam kondisi hangat juga baik bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya?

Teh merupakan salah satu minuman sehat yang populer. Terbuat dari seduhan pucuk daun teh yang bisa dikonsumsi hangat maupun dingin.

Teh dapat dinikmati tawar maupun manis. Namun kalau ingin mendapatkan manfaat sehatnya, dianjurkan mengonsumsinya tanpa gula. Ingin lebih sehat, teh sebaiknya dikonsumsi hangat.

Baca Juga: Punya Rasa Gelato yang Unik, Kafe di Alam Sutera Ini Patut Dikunjungi!

Dilansir dari DNA India (26/4), berikut manfaat minum teh hangat bagi kesehatan tubuh.

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat Minum Teh HangatManfaat Minum Teh Hangat Foto: Getty Images/iStockphoto/WiroKlyngz

Ada beragam jenis minuman yang baik dikonsumsi saat diet. Salah satunya teh yang dapat membantu turunkan berat badan jika dikonsumsi hangat dan tawar.

Teh juga mengandung flavonoid yang dikenal dengan sebutan catechins. Kandungan ini tak hanya meningkatkan metabolisme, tapi juga melebur lemak di tubuh.

Kalau ingin berat badan turun secara drastis, jenis teh yang paling baik adalah teh hijau. Kandungan zat antioksidan teh ini juga lebih tinggi dari jenis teh lainnya.

2. Cegah Kanker

Teh diketahui memiliki kandungan polifenol. Kandungan ini terdapat pada jenis teh hitam dan teh hijau. Polifenol disebut dapat membantu mengurangi sel kanker di tubuh.

Tak hanya polifenol yang dapat mencegah munculnya sel kanker, tapi juga catechin. Kalau ingin merasakan manfaatnya, caranya dengan mengonsumsi teh hangat secara rutin di pagi hari.

3. Redakan Stres

Manfaat Minum Teh HangatManfaat Minum Teh Hangat Foto: Getty Images/iStockphoto/WiroKlyngz

Stres bisa dialami mereka yang kelelahan karena memiliki tugas yang banyak. Terkadang menimbulkan pusing yang menyebabkan kepala menjadi sakit.

Saat merasakan stres, ada satu minuman yang dapat meredakannya yaitu teh. Hal ini telah dijelaskan dalam beberapa penelitian kalau kandungan dan zat yang terdapat di dalam teh bermanfaat dalam mengurangi stres, kecemasan, dan sakit kepala.

Teh juga membantu dalam mengurangi risiko mengembangkan gangguan neurologis. Hal ini juga membantu untuk membersihkan racun yang berisiko mengganggu kesehatan mental.

Baca Juga: 10 Alat Masak Sisca Kohl, Ada yang Harganya Rp 55 Juta



Simak Video " Masak Masak: Resep Minuman Penambah Imun ala Chef Martin Praja"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT